10 Tanaman Hias Penangkal Racun

Pencemaran udara tidak hanya berasal dari asap pabrik atau kendaraaan bermotor saja. Tanpa di ketahui pencemaran yang mendatangkan zat-zat berbahaya bagi tubuh bisa berasal dari dalam rumah seperti di tempat tidur, di dapur, di ruangan, sampai di kantor di mana udara akan terhirup saat kita beraktivitas atau bekerja.

Tanpa di sadari banyak benda atau asap di sekitar kita yang bisa menjadi sumber gas racun di antaranya cat, vernis, cairan pembersih, asap rokok, uap tinta, plastik, detergen dan lain-lain. Racun- racun seperti itu dapat memicu penyakit seperti iritasi, gangguan pernapasan dan yang lebih parah lagi bisa mengakibatkan kanker.

Tanaman hias mempunyai fungsi tidak hanya untuk penghias ruangan saja akan tetapi bisa berguna sebagai penetralisir udara. Tentunya tidak sembarang tanaman hias yang mempunyai fungsi seperti di atas. Berikut macam-macam tanaman hias yang berfungsi sebagai penangkal racun:

Lidah mertua

Tanaman hias ini sering di tempatkan di dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi di mana keadaan air dan cahaya matahari sedikit. Ciri tanaman ini baerdaun tebal dan banyak mengandung air. Lidah mertua mempunyai keistimewaan yakni tahan akan kekeringan dan memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungannya. Berdasarkan penelitian tanaman ini secara alami tanaman ini mampu memerangi sick building syndrome. Selain itu juga ammpu menyerap lebih dari 107 unsur polutan berbahaya yang terdapat di udara. Cara tepat menempatkan tanam ini ialah pada sudut ruanagan tamu untuk menanggulangi asap rokok dari tamu yang berkunjung.

Lidah buaya

Selain lidah mertua tanaman hias bernama lidah buaya ini juga mampu menyerap berbagai jenis polutan yang ada di udara.

Kembang sepatu

Kembang sepatu mampu menyerap nitrogen sehingga membuat paru-paru kita jadi lega. Namun jangan pernah menanam bunga ini di dekat radiografi karena tanaman ini berfungsi meneruskan radiasi sehingga berbahaya bagi orang di sekitar tempat radiografi tersebut.

Kaktus

Meski tanaman ini mempunyai duri yang mengerikan tetapi tanaman hias ini mampu menangkal radikal yang berbahaya bagi kesehatan seperti yang berasal dari komputer. Maka letakkanlah tanaman hias ini di dekat benda-benda yang mengeluarkan radiasi.

Palem kuning

Palem kuning merupakan tanaman yang mampu menyerap racun paling tinggi di antara tanaman lainnya. Palem kuning kecil sangat cocok di letakkan di dalam rumah dan tanaman besar di pinggir jalan karenan tanaman ini sangat efektif untuk menyerap gas beracun dari asap kendaraaan maupun pabrik. Jika di letakkan di dalam rumah sebaiknya letakkan di garasi rumah untuk menanggulangi gas beracun dari asap kendaraan.

Hanjuang (andong)

Tanaman ini memiliki kemampuan anti bakterial sehingga memiliki kemampuan menyerap racun yang sangat tinggi. Di antaranya yang paling banyak di serap yakni racun yang berasal dari jenis formaldehid yang bersumber daru lem atau eternit di plafon rumah. sebaiknya tanaman ini letakkan pada sudut kamar untuk menanggulangi polutan berasal dari eternit untuk mendapatkan tidur yang lebih sehat dan berkualitas.

Lili paris

Letakkan tanaman ini pada sudut dapur untuk menyerap polutan yang berasal dari asap ketika memasak. Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang tidak suka pada sinar matahari langsung. Lili paris juga mampu membersihkan udara dari berbagai zat polutan seperti asap rokok, deodorant, hingga kosmetik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*