4 Hal Penyebab Pertengkaran Rumah Tangga (Beserta Cara Mencegahnya)

Perbedaan pendapat dalam sebuah hubungan rumah tangga adalah hal yang wajar, namun seringkali orang tidak dapat menyikapi hal tersebut secara dewasa. Kebanyakan kesalahpahaman itu justru berujung kepada sebuah pertengkaran. Padahal kalau anda bisa menyikapi dengan kepala dingin hal tersebut tidak akan terjadi. Anda bisa menghindari penyebab pertengkaran agar perkawinan bahagia dan kuat sepanjang masa.

Seringkali terjadi, suasana tenang bahagia yang anda rasakan bersama pasangan mendadak rusak karena adanya pertengkaran. Misalnya saja disaat sedang nonton TV atau ngobrol santai bersama, tiba-tiba saja pembicaraan berubah menjadi pertengkaran. Dan itu mengakibatkan anda berdua pergi tidur bersama dengan perasaan jengkel dan marah.

Hasil studi yang dilakukan Rutgers University menemukan 4 penyebab utama terjadinya pertengkaran. Dengan mengetahui 4 penyebab ini, anda akan bisa mencegahnya dan membuat hubungan anda lebih kuat dibanding sebelumnya, tulis Dottie Billington, Ph.D. dalam bukunya Life Isan Attitude. Berikut 4 penyebab utama pertengkaran dalam rumah tangga:

  • Merasa Dicela
    dalam studi ini para periset menemukan, pasangan sering merasa dikritk atau dicela padahal sebenarnya tidak. Sebagai contoh, suami anda jarang membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga sudah menjadi masalah. Anda lalu berkata padanya “saya perlu bantuan nih!” dia merasa anda mengkritiknya, padahal sebenarnya anda perlu bantuan. Kesalahpahaman seperti ini muncul karena ketika anda mengatakan sesuatu yang berkaitan dengan masalah yang sudah ada sejak lama, perkataan anda cenderung dianggap sebagai kritikan atau celaan.

    • Cara Menghindari
      Sebelum menyinggung topik panas dalam perkawinan anda, jelaskan terlebih dahulu bagaimana perasaan anda. Sebagai contoh “saya merasa kewalahan, rasanya perlu bantuan”. Memberitahu dia mengapa anda mengajukan permintaan akan membuat dia merasa tidak dikritik. Karena itu, dia akan lebih bersedia melakuka apa yang anda inginkan.
  • Terlalu Banyak Meminta
    Anda meminta dia membawa mobil anda ke bengkel atau dia meminta membuatkan makan malam untuk jamuan bosnya. Saling membantu satu sama lain adalah bagian dari hubungan. Tapi, kadang salah satu pasangan merasa melakukan lebih banyak hal dibanding pasanganya. Halini lalu menimbulkan rasa jengkel da ketika dimintai tolong, akan menyebabkan pertengkaran.

    • Cara Menghindari
      Jika anda yakin,jumlah pekerjaan atau tugas rumah tangga yang masing-masing anda kerjaan sama banyak, maka, minta tolong mengerjakan hal lainya tidak akan memicu kebencian. Dengan kata lain, bagi tugas rumah tangga secara adil sehingga salah satu di antara kalian tidak kelebihan tugas yang lalu memicu pertengkaran.
  • Kebiasaan Yang Menjengkelkan
    Kita semua pasti mempunyai kebiasaan buruk, misal saja anda sering pulag terlambat atau suami anda sering lupa melepas sepatu dan menaruh pada tempatnya. Kebiasan buruk ini sering menjadi awal pertengkaran. Anda akan beranggapan bahwa suami tidak menghargai anda dengan kebiasaan buruknya, walaupun anda sering menegurnya dan dia tetap melakukanya. Hal itu sebenarnya bukan alasan untuk membuat kalian bertengkar karena kebiasaan buruk haruslah pelan-pelan untuk menghilangkanya.

    • Cara Menghindari
      Tuliskan hal-hal yang baik dari suami anda dan minta dia untuk melakukan hal yang sama. Kali berikutnya jika dia melakukan satu dari kebiasaan yang menjengkelkan, baca itu sebelum mengeluh. Cara ini akan mengingatkan anda tentang sisi baiknya yang membuat anda jatuh cinta padanya.
  • Penolakan
    Pernah alami anda mencoba menggandeng tangan suami ada namun dia menolak, atau suami anda ingin memeluk anda namun anda menghindarinya. Hal tersebut pasti akan menimbulkan pertengkaran, karena afeksi adalah cara fisik untuk mengutarakan aku sayang kamu, jika salah satu pasangan menolak afeksi dari pasanganya, pesan yang diterima adalah dia tidak dicintai,kata billington, padahal sebenarnya anda cinta.

    • Cara Menghindari
      Carilah waktu yang tepat untuk afeksi, misal saja ketika anda ingin memeluk suami saat pulang kerja, sebaiknya lakukan disaat dia sudah duduk rileks. Intinya, semua harus tepat waktu agar pertengkaran itu dapat diminimalisir.

Itulah 4 penyebab pertengkaran dalam rumah tangga, beserta dengan cara menghindarinya. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda semua!!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*