5 Tanaman Pengusir Nyamuk Alami

Nyamuk adalah serangga yang sangat mengganggu bagi manusia, bahkan ada beberapa jenis nyamuk yang bisa membahayakan jiwa manusia.

 

Serangan nyamuk biasanya dan paling sering terjadi pada pagi hari dan malam hari. memang sekarang sudah banyak beredar obat nyamuk dan juga lotion anti nyamuk yang dijual dipasaran, namun kandungan bahan kimia yang ada pada obat nyamuk dan lotion nyamuk tersebut justru dapat membahayakan manusia jika digunakan secara terus menerus..

 

Anda bisa beralih ke bahan alami untuk mengusir nyamuk pergi, salah satunya adalah dengan tanaman pengusir nyamuk. Beberapa tanaman yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk tersebut antara lain;

 

Lavender

Tanaman alami yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk yang pertama adalah lavender. Lavender merupakan tanaman hias yang berasal dari pegunungan di swiss, dan tanaman lavender tersebut memilki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Tanamlah lavender diarea rumah anda dan ditaurh dalam pot sehingga dapat dipindah-pindah sesuai tempat dimana nyamuk sering berkeliaran.

 

Rosemary

Tanaman alami pengusir nyamuk selanjutnya adalah Rosemary. Aroma yang dihasilkan dari bunga tersebut adalah mirip dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Sudah biasa kan anda melihat jika ada anak terkena gigitan nyamuk langsung diberi minyak kayu putih, nah seperti itu pula fungsi tanaman rosemary dilingkungan rumah anda.

 

Serai Wangi

Serai memilki kandungan gerarniol dan sitronelal dan itu sangat tidak disukai oleh nyamuk. Sehingga serai selain sebagai bahan bumbu dapur  ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk.

 

Selasih

Selasih juga biasa digunakan untuk bumbu dapur dan juga sebagai lalapan, namun selasih ternyata juga bisa difungsikan untuk mengusir nyamuk karena selasih mempunyai aroma yang khas dan tidak disukai oleh nyamuk.

 

Suren

Tanaman atau tumbuhan pengusir nyamuk alami yang terakhir adalah suren. Pohon suren juga berfungsi untuk mengusir nyamuk, karena memilki kandungan surenon, surenin, dan surenolakton. Zat tersebut dapat mengusir nyamuk dan juga serangga lainya.

 

Itulah 5 tanaman yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*