Anak Belajar Empati Dari Binatang Peliharaan

Membiarkan anak mengenal dan menyayangi binatang sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa empati mereka. Dari hasil tersebut, si kecil menjadi punya perasaan yang peka pula terjadi lingkungan yang lain dan tidak semena-mena ataupun tidak peduli.

 

Wajar jika anak-anak suka dan kagum kepada binatang. Apakah itu tokoh binatang yang diceritakan di komik-komik, film, ataupun yang mereka lihat langsung, baik dirumah, kebun binatang, maupun di peternakan. Ikatan yang berkembang antara anak dan binatang peliharaan sangat dalam, bisa seperti ikatan emosi antara anak dengan orang terdekatnya.

 

Ada apa di balik rasa kagum mereka terhadap hewan? Apapun alasannya, penelitian memperlihatkan, anak-anak memperoleh pelajaran yang berharga dari interaksinya dengan binatang. Binatang peliharaan dapat memberikan kasih sayang, mengisi kesepian, dan membantu menghilangkan stress.

 

Memberi makan kura-kura atau ikan dapat mengajarkan rasa tanggung jawab dan memberi kepekaan mengurus serta merawat. Mengunjungi peternakan atau kebun binatang, memberi kesempatan kepada anak-anak untuk belajar seputar habitat dan kelangsungan hidup. Singkatnya, pembelajaran yang terbaik didalam kehidupan si kecil.

 

Belajar Dari Ikan

Dengan memiliki binatang peliharaan dirumah, berarti anda mengajak anak mengenal lingkungan kehidupan binatang kedalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, seperti pelajaran biologi sehari-hari.

 

Hewan peliharaan memberikan kesempatan langsung bagi anak untuk mempelajari secara dekat bagaimana ciptaan Tuhan (selain manusia) bergerak, melihat, mencium, bahkan merasakan. Selain itu, binatang peliharaan dapat membantu anak untuk mengerti berbagai macam binatang.

 

Hasil penelitian menunjukkan, anak usia 5 tahun yang memelihara ikan mas dirumah akan lebih baik dan peka dalam mengerti bagaimana kodok makan dan tumbuh besar dibandingkan dengan teman-temanya yang tidak memiliki pengalaman langsung. Ikan mas dan ikan lainnya juga dapat membantu anak belajar tentang empati. Anak-anak tidak secara otomatis lahir dengan dilengkapi kemampuan melihat dan merasa dari perspektif orang lain.

 

Terutama bila orang lain tersebut sangat berbeda dari mereka. Anda dapat membayangkan seorang anak prasekolah yang memilih mainan atau boneka untuk ulang tahun ayahnya. Binatang dengan cara mereka bergerak, makan, serta berkomunikasi, sangat berbeda dari manusia. Ini sekaligus memberikan tantangan kepada anak-anak mengenai perspektif tentang “saya” atau keakuan.

 

Saat-saat yang unik ini memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk melangkah dan melihat dunia dari kacamata binatang. Salah satu bonus dari belajar empati dengan cara ini adalah kesadaran yang lebih baik dari memperhatikan kesejahteraan binatang. anak-anak yang mengerti perilaku binatang lebih dapat merangkul perilaku manusia. Selain itu, empati terhadap dunia binatang dapat menular dan membuat lebih peka terhadap kebutuhan manusia.

 

Mengasah Kepekaan

Binatang peliharaan mengasah rasa kepekaan anak-anak terhadap pertemanan, dukungan, dan cinta. Binatang peliharaan selalu siap memberikan perhatian dan perhatian yang mereka berikan tidak terbagi, terutama untuk sesuatu yang menyenangkan. Binatang peliharaan tidak bisa mengatakan ‘bicaranya yang manis dong!!”. Tetapi sebaliknya, dia memberikan telinganya untuk mendengar. Tidak heran banyak anak yang melihat binatang peliharaan mereka sebagai pemicu semangat.

 

Ketrampilan Mengasuh

Dengan memiliki binatang, misalnya hamster, kucing, ikan, atau apa saja, anak akan mendapatkan kesempatan untuk mengasuh, merawat, sekaligus menjaganya.

 

Kendati kita sebagai orang tua sudah memberikan yang terbaik untuk anak-anak agar pada saat tumbuh berkembang mereka akan peka terhadap cara merawat dan memperhatikan orang lain. Sebetulnya, pembelajaran itu juga bisa didapatkan dari kesempatan anak merawat dan menjaga binatang peliharaan.

 

Itulah manfaat memelihara binatang peliharaan, agar anak bisa belajar empati dari binatang peliharaan tersebut. Semoga artikel singkat tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*