Bahan Alami Untuk Mengobati Gusi Bengkak

Gusi bengkak atau dalam bahasa medisnya Gingivitis merupakan penyakit yang menyerang bagian gusi, yaitu gusi mengalami pembengkakan dan bisa menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Penyebab utama gusi bengkak adalah kurangnya memperhatikan kebersihan mulut dan gigi, juga bisa disebabkan karena seringnya mengonsumsi makanan yang manis.

 

Aktivis anda akan terganggu saat anda mengalami penyakit yang satu ini, karena bukan cuma gigi atau bagian mulut saja yang akan terasa sakit, tapi seluruh badan akan terasa linu. Untuk itu jika anda mengalami masalah gusi bengkak, sebaiknya untuk segera diobati. Obatnya bisa ditempuh dengan berbagai macam cara, bisa dengan obat kedokteran ataupun dengan obat tradisional.

 

Pada artikel kali ini akan saya bahas atau akan saya berikan obat tradisional untuk penyakit gusi bengkak. Beberapa bahan alami untuk mengobati gusi bengkak itu antara lain:

 

  • Berkumur Dengan Air Garam

Obat tradisional untuk menyembuhkan gusi bengkak yang pertama adalah berkumur dengan air garam. Kandungan zat antiseptik yang ada di dalam garam akan melawan infeksi yang menyebabkan gusi mengalami pembengkakan. Ambil garam beryodium secukupnya, masukkan kedalam gelas yang berisi air, aduk rata lalu buat kumur-kumur. Mungkin saat anda berkumur dengan air garam akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri, namun tunggulah hasil yang akan anda dapatkan.

 

  • Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih juga bisa bermanfaat untuk mengobati penyakit gusi bengkak, caranya adalah sediakan 20 lembar daum sirih, tumbuk bersama kunyit dan sedikit garam. Masukkan tumbukan tadi kedalam wadah yang sudah berisi air, masak hingga mendidih, kemudian angkat dan saring airnya. Hasil saringan tadi bisa langsung diminum atau bisa buat berkumur.

 

  • Lada Hitam dan Minyak Cengkeh

Bahan alami untuk mengobati gusi bengkak selanjutnya adalah menggunakan lada hitam dan minyak cengkeh. caranyapun sangat mudah, yaitu campur kedua bahan diatas, lalu oleskan pada bagian gusi yang bengkak tadi.

 

  • Berkumur Dengan Baking Soda

Cara mengobati gusi bengkak yang terakhir adalah dengan menggunakan baking soda. Ambil baking soda secukupnya, lalu buatlah untuk berkumur-kumur secara merata kedalam mulut.

 

Anda juga bisa mengobati gusi bengkak dengan cara memijat pada bagian gusi yang bengkak. Pijatlah menggunakan jari telunjuk secara melingkar dengan lembut. Pastikan bahwa jari anda bersih agar tidak ada kuman yang ikut terbawa kedalam mulut.

 

Itulah beberapa bahan tradisional untuk mengobati gusi bengkak. Semoga artikel singkat berikut bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba!!!

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*