Bahan Makanan Rendah Kolesterol Yang Baik Untuk Tubuh Kita

Pola makan yang tidak teratur lambat laun akan menimbulkan suatu masalah bagi tubuh kita, selain itu dapat mengakibatkan kegemukan. Karena kolesterol yang berada dalam tubuh tidak terkontrol. Kolesterol yang tinggi dapat memicu timbulnya penyakit seperti: penyakit jantung, ini disebabkan pembuluh darah tersumbat sehingga aliran darah ke jantung terganggu dan membuat jantung bekerja lebih keras lagi.

Kolesterol yang rendah belum menunjukan efek yang terasa, sebagian orang baru menyadari di saat kolesterol sudah meninggi. Untuk itu kita harus mengatur pola makan kita, tinggalkan kebiasaan makan yang enak dan dalam porsi besar/banyak. Pola makan yang di atur dengan baik bisa membuat kita hidup sehat selamanya. Ciptakanlah olahan masakan yang lezat tetapi  menyehatkan, Kelezatan suatu masakan tidak tergantung pada bahan makanannya melainkan bagaimana cara memasaknya.

Selain itu untuk menambah nafsu makan buatlah kreasi dari bahan makanan yang akan kita masak karena jika kita kreatif, bahan makanan apapun akan menjadi enak untuk di makan. Pilihlah bahan makanan yang rendah kolesterol seperti di bawah ini :

  1. Daging ayam tanpa lemak dan kulitnya. Tetapi alangkah baiknya pilihlah ikan laut. Karena ikan mengandung omega 3 yang dapat melindungi jantung dan meningkatkan peredaran darah dalam tubuh. Jenis ikan ini ialah tengiri, ikan kembung, sarden dan salmon.
  2. Jika penggemar telur, gunakan bagian putihnya yang non kolesterol dalam semua masakan baik kue atau masakan lainnya.
  3. Sayur dan buah apa saja tidak mengandung kolesterol. Baik sayuran yang berwarna hijau, merah, kuning. Buah alpokat dianggap mengandung lemak tetapi bisa dikonsumsi karena mengandung lemak baik yang tidak membahayakan tubuh. Untuk buah sebaiknya jangan dibuat jus, lebih baik di santap langsung dalam keadaan segar ini bertujuan agar seratnya ikut termakan.
  4. Memperbanyak mengkonsumsi kacang polong terutama yang kering karena kacang polong kering biasanya kaya serat dan tepung serta rendah lemak jenuh dan kalori. Selain itu kacang polong (berwarna merah ) merupakan sumber lemak baik.
  5. Selain ikan makanan yang mengandung omega3 ialah tahu. Bagi yang sedang menjalani diet rendah makan tahu sangat dianjurkan.
  6. Susu tetap dikonsumsi  karena kandungan kalsiumnya dibutuhkan tubuh. Tetapi jika meragukan akan susu sebaiknya dihindari.

Itulah beberapa contoh makanan rendah kolesterol yang baik untuk kesehatan. Semoga kita tetap sehat, dan semoga ulasan ini dapat menjadi referensi bagi anda semua.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*