Bahaya Rokok Elektrik Atau Vapor

Rokok elektrik atau vapor awalnya adalah untuk mengganti rokok biasa yang dihasilkan dari tembakau, namun anda perlu tahu bahwa ternyata bahaya atau efek samping rokok tembakau dengan rokok elektrik itu sama saja. Bahaya yang dihasilkan dari asap liquid cair adalah berupa adanya bahan nikotin (bahan yang sama dengan rokok tembakau). Awalnya vapor dibuat tanpa ada tambahan nikotin, namun karena banyaknya permintaan konsumen untuk menambahkan nikotin ke dalam rokok elektrik tersebut, maka sekarang vapor sudah ada kandungan nikotinya.

Nikotin memberikan efek kecanduan bagi penikmatnya, dari sini jelas bahwa rokok tembakau dengan rokok elektrik itu sama-sama memberikan dampak buruk bagi anda terutama kesehatan. Lalu apa dampak buruk atau efek samping rokok elektrik itu? Berikut diantaranya:

  • Rokok Dapat Terbakar
    Rokok elektrik menggunakan bantuan berupa batrei untuk memanaskan elemen yang menjadikan liquid berubah menjadi asap. Jika arus yang dihasilkan oleh bantuan batrei tersebut terjadi kesalahan, maka rokok dapat terbakar dan bisa berakibat ledakan. Sekecil apapun ledakan yag dihasilkan akan tetap saja membahayakan bagi keselamatan anda.
  • Nikotin Tidak Terkontrol
    Berbeda dengan rokok tembakau yang takaran nikotinya sudah dibatasi dan diketahui secara umum, rokok elektrik atau vapor tidak memiliki aturan baku dalam mengisi nikotin itu, sehingga hal ini sulit ditebak. Banyak produsen liquid secara tidak terkontrol menggunakan nikotin (agar konsumen mendapatkan kenikmatan) secara berlebihan.
  • Gangguan Paru-Paru
    Zat yang terkandung di dalam liquid antara lain propilen glikol, gliserin,  nikotin, dan perasa. Beberapa zat diatas dapat merusak jaringan paru-paru, dan jika digunakan jangka panjang dapat mnyebabkan kanker.
  • Mengakibatkan Penyakit Jantung
    Asap yang terlalu banyak yang dihasilkan oleh vapor dapat mengganggu peredaran oksigen dalamtubuh, sehingga jika dikonsumsi terlalu lama, vapor dapat menyebabkan penyakit jantung.

Itulah bahaya atau efek buruk yang dihasilkan oleh rokok elektrik atau vapor, jadi anda harus bijak dalam melangkah. Ternyata rokok elektrik sama bahayanya dengan rokok tembakau, bahkan lebih berbahaya lagi. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Related Post

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*