Beberapa Kiat Memilih Sekolah Untuk Anak

Menjelang ajaran baru banyak orang tua di sibukkan dengan mencari sekolah untuk anaknya. Tidak sedikit orang tua yang merasa bingung karena saking banyaknya pilihan sekolahan sebagai ilustrasi. Suatu kebanggaan tersendiri bagi orangtua apabila anaknya bisa sekolah di gedung sekolah yang mempunyai standar kualitas yang baik, meskipun sebenarnya semua sekolah pada intinya mempunyai tujuan yang sama cuma cara menyampaikannya saja yang berbeda beda.

Berikut kiat memilih sekolah untuk anak:

Mencari informasi tentang sekolah

Ini merupakan langkah awal untuk menentukan pilihan sekolah yang paling sesuai dengan kondisi anak. Sebaiknya orangtua mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai berbagai macam sekolah, baik yang berada di kingkungan rumah atau yang lokasinya terjangkau. Buatlah daftar sekolah yang mau di survey.

Melakukan kunjungan

Setelah memperoleh informasi yang cukup tentang sekolah. Langkah selanjutnya ialah melakukan kunjungan ke sekolah. Hal ini di lakukan untuk melihat dari dekat bagaimana kondisi sekolah yang sebenarnya seperti suasana, sarana dan prasarana, metode pembelajaran, fasilitas yang di sediakan, kondisi kelas. Selain itu perhatikan juga bagaimana sekolah mengelola sarana prasarana tersebut misalnya keamanan, pemeliharaan, dan kebersihannya. Untuk anak prasekolah dan TK perhatikan alat-alat permainan di kelas. Ini sangat penting Karena anak-anak tersebut belajar sambil bermain yang di yakini merupakan metode yang paling di sukai dan efektif bagi anak-anak.

Perhatikan Biaya

Ini sangat penting untuk di perhatikan. Terutama untuk sekolah swasta. Umumnya ada berbagai iuran seperti untuk pembangunan gedung, SPP bulanan, biaya seragam, buku, ekstrakurikuler hingga biaya kegiatan lain di luar gedung sekolah.

Perhatikan jarak

Perhatikan jarak tempuh dari rumah dan sekolah. Semakin jauh jarak tempuh tentu di butuhkan pertimbangan waktu, tenaga, bahkan ongkos/biaya untuk mencapai sekolah. Jika sekolah dengan jarak jauh sudah menjadi pilihan yang tepat alangkah baiknya cari jalan alternatif agar anak tidak terlambat untuk berangkat ke sekolah.

Ajak anak berkunjung ke sekolah yang akan di tempatinya

Perhatikan reaksi anak terhadap sekolah tersebut. Bila anak merasa nyaman dan orangtua merasa tenang meninggalkanya di sekolah tersebut, kemungkinan sekolah itu di pilih. Janganlah menentukan pilihan sekolah untuk anak karena faktor gengsi. Faktor kenyamanan anak lebih penting. Anak yang nyaman di sekolahnya akan lebih mudah mengaktualisasikan kemampuannya.

Itulah kiat memilih sekolah untuk anak. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*