Beberapa Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Merawat Gigi

Memiliki gigi sehat akan membuat anda terbebas dari beberapa penyakit, diataranya sakit gigi, bau mulut, dll. Untuk melindungi gigi agar tetap terjaga dengan baik dan tidak rusak, ada beberapa makanan yang harus dihindari atau minimal dikurangi. Beberapa makanan itu antara lain:

 

  • Makanan Yang Mengandung Cuka

Makanan yang harus dihindari yang pertama untuk merawat gigi adalah makanan yang mengandung cuka. Cuka bersifat korosif, bila hal tersebut bersatu dengan saliva yang juga mempunyai sifat asam (layaknya cuka) maka akan mengikis gigi secara perlahan. Jika memang anda menyukai jenis makanan yang bersidat asam, apalagi mengandung cuka maka sebaiknya segera minum air putih untuk menghilangkan cuka atau asam yang terdapat pada gigi.

 

  • Makanan Dan Minuman Yang Mempunyai Kandungan Gula

Makanan yang harus dihindari untuk merawat gigi selanjutnya adalah makanan yang mengandung gula. Sirup, softdrink, susu, obat sirup, dan vitamin sirup merupakan contoh kecil daro makanan dan minuman yang mengandung gula. Sisa gula yang menempel pada gigi, dan setelah berakumulasi dengan saliva dan zat lainya maka akan menimbulkan plak. Nah jika hal ini dibiarkan maka akan mengakibatkan karies atau kerusakan gigi.

 

  • Makanan Yang Mengandung Tepung

Kenapa demikian? Karena tepung memiliki sifat lengket, menjadikan dia berakumulasi dan membuat gigi lama kelamaan akan rusak. Maka dari itu agar gigi tetap sehat kurangi konsumsi makanan yang mengandung tepung.

 

  • Makanan Yang Mengandung Cokelat

Cokelat juga merupakan makana yang harus dihindari untuk merawat gigi selanjutnya. Cokelat mempunyai sifat seperti tepung yaitu lengket, dan memiliki kandungan yang hampir sama dengan gula. Maka sebaiknya setelah mengkonsumsi cokelat sebaiknya langsung sikat gigi atau minimal berkumur dengan air putih.

 

Itulah beberapa makanan dan minuman yang perlu diperhatikan guna menunjang niat anda untuk menjaga gigi tetap sehat dan tidak rusak. Namun selain makanan yang kurang baik untuk menjaga gigi, ternyata ada minuman yang sangat baik untuk menjaga gigi, yaitu teh. Teh mengandung flour yang dapat mencegah karies gigi. selain flour didalam teh juga terdapat polifenol yang menghambat pertumbuhan karies gigi. minumlah teh yang tawar dan tidak mengandung gula.

 

Semoga uraian singkat tersebut memiliki manfaat bagi anda semua. Selamat mencoba dan semoga gigi anda tetap sehat.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*