Bumbu Dapur Yang Berkhasiat Obat

Masakan terasa lezat jika memakai bumbu dapur yang komplit. Tetapi bagi masyarakat yang kurang faham mengenai bumbu dapur maka memasak cukup memakai bawang merah dan bawang putih yang ditambah garam serta gula. Bumbu dapur komplit selain membuat masakan menjadi enak juga akan menambah nafsu makan, selain itu juga bermanfaat di dunia obat-obatan tradisional.

Berikut macam-macam bumbu dapur berkhasiat obat diantaranya :

Bawang putih

Bawang yang berwarna putih dengan ciri bentuk ujung yang besar memanjang makin mengecil dan berbau sedap. Selain untuk bumbu dapur bumbu ini dapat di gunakan untuk obat tekanan darah tinggi.

Bawang merah

Bawang ini seperti bawang putih hanya saja berwarna merah. Bumbu ini umumnya dipakai untuk bumbu dapur yang digunakan bersama bawang putih. Bawang ini berguna diobat tradisional seperti dapat untuk menurunkan panas pada anak dengan cara diparut dan dibalurkan ke punggung dan perut. Selain itu dapat untuk mengobati gatal dengan cara bawang merah diiris ujungnya. Bagian yang teriris akan mengeluarkan getah dan getah inilah yang di gunakan untuk mengolesi bagian yang gatal.

Jahe

Ciri umbi ini berwarna putih dan berbau menyengat. Jahe bermanfaat untuk bumbu dapur sebagai penghilang rasa amis pada ikan, dan dapat membuat masakan menjadi sedap. Di dunia obat tradisional bermanfaat Untuk mengatasi masuk angin dengan cara digosokkan pada perut dan badan.

Kunyit

Umbi batang yang berwarna kuning tua ini dapat membuat masakan menjadi bewarna kuning. Dan dapat digunakan sebagai pewarna masakan yang aman dan alami. Dalam obat tradisional berfungsi untuk tambah darah dengan cara di parut, diperas airnya di rebus dengan asam dan gula aren dan diminum secara rutin.

Kencur

Umbi ini berwarna putih tetapi berbeda dengan jahe. Umbi atau rempah-rempah ini umumnya berbentuk kecil-kecil. Kencur dicampur dengan air jeruk nipis dan gula batu bisa berfungsi untuk mengatasi batuk. Jika dimakan begitu saja dapat menyebabkan suara menjadi jernih dan merdu. Diparut lalu di gosokkan ke punggung dan perut dapat menyebabkan tubuh menjadi hangat dan aliran darah menjadi lancar.

Kayu manis

Kayu manis bukan kayunya yang berguna melainkan kulitnya yang berbau sedap. Selain untuk bumbu masak dapat berfungsi sebagai campuran membuat param atau bermacam-macam bedak.

Jeruk nipis

Jeruk ini berbau sedap dan rasanya manis-manis asam. Jeruk ini bermanfaat untuk jamu seduhan kalau di campur air kapur sirih dapat untuk menghilangkan noda tinta. Air perasanya dicampur dengan kecap manis dapat berfungsi sebagai obat batuk.

Itulah macam-macam rempah bumbu dapur yang berguna untuk kesehatan karena berkhasiat juga sebagai obat. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*