Cara Aman Belanja Toko Online Agar Tidak Menjadi Korban Penipuan

Toko online sudah menjadi tren masa kini dalam memasarkan sebuah produk, dan konsumen menjadikan kiblat untuk berbelanja yang simpel dan tidak ribet. Ini tentu menjadikan peluang bagi para pebisnis guna memasarkan daganganya. Namun karena hal ini merupakan bisnis yang sangat menjajikan, maka akan sangat rawan sekali penipuan.

 

Sebagai konsumen, anda tentu tidak ingin menjadi salah satu korban penipuan dari bisnis tersebut bukan? Butuh ketelitian agar anda terhindar dari penipu yang tidak bertanggung jawab. Selain teliti, anda juga harus memperhatikan beberapa hal dibawah ini agar tidak menjadi korban penipuan bisnis online:

 

  • Jangan Tergiur Harga Murah

Modus yang digunakan para pelaku penipuan di toko online yang pertama adalah dengan menawarkan harga murah. Sebelum anda memutuskan membeli barang di toko online sebaiknya anda perhatikan harga pasaran atas barang yang akan anda beli. Jika barang tersebut harganya sangat murah dan jauh dari harga pasar maka anda wajib hati-hati karena kemungkinan besar itu merupakan bentuk trik para penipu.

 

  • Simpan Bukti Transfer

Cara aman belanja di toko online selanjutnya adalah menyimpan bukti transfer dan bukti transaksi lainya. Segala bentuk percakapan anda dengan penjual sebaiknya anda simpan sampai barang yang anda pesan sampai kepada anda, hal ini bertujuan sebagai barang bukti jika ternyata anda menjadi korban penipuan.

 

  • Pastikan Barang Pada Gambar Itu Foto Asli

Kebanyakan untuk menarik minat pembeli, para penjual ditoko online memasang foto yang bukan foto asli atas barang yang mereka jual. Untuk menghindari rasa kecewa dikemudian hari, selalu pastikan dan mintalah foto yang asli. Itu merupakan cara aman dalam belanja di toko online.

 

  • COD (Cash on Delivery)

COD adalah cara aman belanja di toko online selanjutnya. Usahakan untuk bertemu langsung dengan penjual, agar resiko penipuan dapat diminimalisir. Jika itu tidak memungkinkan, maka ada bisa menggunakan jasa orang ketiga yaitu rekening bersama (rekber). Rekber akan menjaga transaksi anda tetap aman, karena mereka akan menahan uang ada sampai barang yang anda pesan sudah ada terima. Tentu saja untuk menggunakan jasa rekber maka anda akan dikenakan biaya tambahan.

 

  • Minta Resi Pengiriman Barang

Cara menghindari penipuan toko online salanjutnya adalah dengan meminta nomor resi pengiriman. Jika memang barang yang anda pesan sudah dikirim maka tidak ada alasan bagi penjual untuk tidak memberikan resi tersebut. Ada perlu curiga jika ketika anda meminta resi tapi penjual terlalu banyak alasan dan berusaha mengulur waktu.

 

  • Beli Barang Di situs Online Terpercaya

Toko online yang terpercaya akan membuat transaksi anda aman. Anda bisa mencari info baik dari rekan maupun trek record toko online tersebut.

 

Jangan sampai anda menjadi korban penipuan toko online selanjutya, karena sudah banyak orang yang mengalaminya. Bijak dan waspada agar tidak tertipu dan kecewa dikemudian hari. Itulah cara aman belanja di toko online agar tidak menjadi korban penipuan. Semoga bermanfaat.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*