Cara Aman Memakai Lensa Kontak

Jendela dunia adalah mata, karena dengan mata maka kita bisa melihat indahnya dunia.  Karena alasan itulah maka sebagian orang kurang nyaman dan tidak percaya diri saat harus menggunakankaca mata. Sebagian orang itu memilih lensa kontak sebagai alternatif pengganti kacamata. Selain akan terasa nyaman, juga akan menimbulkan rasa percaya diri.

Memang, memakai lensa kontak akan ada resikonya (jika tidak mengindahkan aturan pakai yang aman). Resiko yang saya maksud antara lain terinfeksi bakteri, jamur, atau mikroba lainya. Maka dari itu, agar pemakaian lensa kontak aman, maka anda harus mengikuti aturan pakainya.

Menurut para ahil, penggunaan lensa kontak untuk tujuan medis akan aman sejauh si pemakai mematuhi aturan pemakaian dengan benar. Berikut beberapa hal yang patut diperhatikan pengguna lensa kontak:

  • Sebelum memutuskan memakai lensa kontak sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mata. Ini penting dilakukan karena masing-masing indikasi mempunyai syarat tertentu. Misalnya, tidak semua mata minus disarankan menggunakan lensa kontak. Hanya minus tinggi yang dianjurkan menggunakanya.
  • Sebelum memakai atau melepas kontaks lens sebaiknya cuci tangan dulu hingga bersih untuk menghindari infeksi, karena tangan merupakan sumber bakteri.
  • Jangan lupa menggunakan pelumas mata sehari tiga sampai empat kali unutuk menghindari dry eye (mata kering). Yang perlu diketahui saat menggunakan lensa kontak mata tidak sapat melumasi kornea saat berkedip karena terhalang oleh lensa kontak, sehingga mata jadi kering. Mata kering membuat kornea menjadi Hal ini ditandai dengan munculnya gejala klinis seperti pandangan kabur, mata perih, panas,merah, hingga berair. Namun tidak sampai menyebabkan saraf retina putus. Biasanya saraf retina putus akibat terbentur atau kena pukulan.
  • Indonesia merupakan negara tropis, maka dari itu sebaiknya penggunaan kontak lens tetap memakai kacamata saat akan keluar rumah, agar tidak terkena debu. Dengan begitu lensa kontak tidak akan cepat kotor.

Itulah cara aman dalam memakai lensa kontak. Semoga ada manfaat yang bisa anda ambil dari artikel singkat tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*