Cara Aman Mengatasi Obesitas Pada Anak

Angka kegemukan pada anak di indonesia tercatat 2x lebih tinggi di banding anak-anak yang kurang gizi. Ini mayoritas disebabkan karena kekeliruan pola asuh orang tuanya. Banyak orang tua yang mempunyai anggapan sejak anak masih bayi semakin gendut anak semakin lucu. Menginjak anak tumbuh besar kekeliruan lainnya sering berkaitan dengan kebiasaan pola makan.

Meningkatnya pertumbuhan ekonomi juga ikut mempengaruhi gaya hidup. Pola konsumsi cenderung tidak seimbang. Banyak mengkonsumsi karbohidrat, makanan berlemak dan makanan kaya gula. Lahan permainan yang sempit, televisi, internet dan gadged membuat anak enggan untuk berolahraga ini juga yang mengakibatkan anak menjadi gemuk.

Anak gemuk rata-rata dialami oleh anak yang orangtuanya sibuk dan anak banyak makan makanan instan dan manis. Kecemasan orang tua dengan anak gemuk mengakibatkan orang tua melakukan berbagai cara agar anaknya tumbuh ideal. Cara yang salah dapat membuat anak menjadi stres.

Berikut cara yang aman untuk mengatasi anak kegemukan (obesitas pada anak):

  • Biasakan anak sebelum berangkat sekolah untuk sarapan dan bawakan bekal untuk makan di sekolah. Hal ini untuk menghindari anak jajan di sekolah dan memiliki energi yang cukup karene anak merasa kenyang. Selain itu dengan membawa bekal gizi anak dapat terkontrol.
  • Ubah pola makan anak seperti mengurangi mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi, makanan jenis fast food, macam-macam snack ringan, minuman kaya gula, macam-macam cemilan manis. Perlahan-lahan gantilah pola makan seperti banyak makan sayuran, makan daging yang tidak berlemak dan ganti cemilan dengan buah segar.
  • Kurangi mengolah makanan dengan cara menggoreng. Untuk mencegah terjadinya mengkonsumsi lemak berlebih. Cara terbaik ialah mengolah makanan dengan cara di rebus, di panggang atau di kukus.
  • Atur kebiasaan makan seperti anak biasanya asyik makan di ruang tv atau ruang bermain. Kebiasaan ini sebaiknya diubah dengan memberikan aturan untuk makan di meja makan. hal ini untuk mengurangi porsi makan pada anak.
  • Perhatikan kegiatan anak seperti membatasi waktu anak yang diam terlalu lama. Sebaiknya anak di ajak bergerak ketika beraktifitas. Jika anak bergerak timbunan lemak akan terbakar dan dapat mengurangi kegemukan.

Itulah cara yang aman untuk mengatasi obesitas pada anak. Sesungguhnya anak yang gemuk sering mendapat masalah. Seperti di bully teman-teman serta penyakit- penyakit yang datang pada tubuhnya.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*