Cara Aman Transaksi Jual Beli Online

Sebelum saya membahas tentang apa yang harus anda lakukan dalam membeli barang secara online, sebaiknya nada harus tahu dulu apa pengertian dari jual beli online itu sendiri.

Jual beli online adalah sebuah transaksi jual beli dimana antara penjual dan pembeli tidak perlu melakukan tatap muka untuk menjual ataupun membeli sebuah produk. Transaksi bisa melalui BBM, SMS, FB, Telp, dll.

Nah sebaiknya apa saja yang harus anda perhatikan apabila anda ingin membeli barang di bisnis ini, berikut penjelasanya:

Pastikan situs terpercaya

Seiring berjalanya waktu, bermunculan situs-situs jual beli online. Nah, apabila anda berniat membeli produk di jual beli ini sebaiknya anda pastikan tentang kredibilitasnya bagaimana, apakah situs tersebut sudah terkenal aman dan terpercaya apa belum.

Pastikan juga tentang tata cara dan kebijakan situs tersebut. Jangan sampai kebijakan yang dibuat merugikan anda.

Dari sekian banyak situs tersebut, diantaranya pasti ada yang hanya ajang penipuan saja, maka berhati-hatilah dengan iming-iming yang menggiurkan, seperti harga miring, tanpa ongkos kirim, dll.

Pelajari detail barang

Jangan hanya anda perhatikan harga saja, namun anda juga harus mempelajari secara detail tentang hal-hal yang berkaitan dengan produk tersebut. Pastikan juga bahwa gambar yang dipasang sesuai dengan kenyataan, caranya adalah menanyakan secara langsung terhadap pihak penjual. Dan buat perjanjian, apabila tidak sesuai dengan penjelasan dan gambar anda dapat mengembalikan barang atau bagaimana, (semacam garansi).

Jangan hapus percakapan saat negosiasi barang

Bisa sms, bbm, fb, dll. Itu juga merupakan bukti apabila sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi, seperti barang tidak dikirim, dll.

Simpan bukti transfer

Ini juga suatu bukti apabila terjadi penipuan. Jangan sampai hilang sampai barang yang anda pesan terkirim ketempat anda.

Selalu berhati-hati dalam melangkah. Pelajari secara detail segala sesuatunya. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi anda.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*