Cara Membuat Hidup Sehat Bugar Jasmani dan Rohani

Siapa sih yang tak mau hidup sehat? Menuju hidup sehat dapat ditempuh dengan banyak cara, salah satunya melalui pola makan kita. menurut para ahli, kunci jadi sehat adalah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Singkatnya, kita bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang tak hanya mengandung banyak kalori tapi kaya nutrisi. Berikut tips dan trik cara hidup sehat bugar jasmasni dan rohani:

 

  • Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Nutrisi

Dibutuhkan 40 jenis nutrisi untuk membuat tubuh anda tetap sehat. Satu jenis makanan saja tak bisa mencukupi asupan semua jenis ini. Pilihan makanan sehari-hari anda seharusnya mencakup karbohidrat dan produk padi-padian penuh lainya, buah-buahan, sayuran, produk susu serta daging, ikan atau makanan yang mengandung protein lainya. Seberapa banyak makanan yang perlu seharusnya anda makan tergantung dari kalori yang dibutuhkan tubuh anda.

 

  • Konsumsi Padi-padian Penuh, Buah, dan Sayuran

Cara membuat hidup sehat bugar jasmani dan rohani selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi padi-padian penuh, buah, dan sayuran. Survei menunjukkan kalau kebanyakan orang yang tidak cukup untuk mengonsumsi jenis makanan ini. Apakah anda sudah menyantap 1-6 porsi nasi atau sereal? Apakah 3 porsi dari jenis yang anda makan ini termasuk padi-padian penuh? Apa anda sudah menyantap makanan yang terdiri dari 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayuran? Jika anda termasuk yang tak menikmati jenis makanan ini sebelumnya, maka mulai saat ini beri kesempatan untuk mencicipinya.

 

  • Atur Berat Badan Seimbang

Berat badan yang sesuai untuk anda tergantung banyak faktor, termasuk jenis kelamin, tinggi badan, usia dan keturunan. Kelebihan berat badan membuat tekanan darah anda meningkat, menyebabkan sakit liver, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker atau penyakit lainya. Tapi memiliki tubuh terlalu kurus juga menyebabkan osteoporosis, ketidakseimbangan menstruasi dan masalah kesehatan lainya. Jadi berat badan seimbang sangat mempengaruhi kesehatan.

 

  • Makan Dalam Ukuran Yang Layak

Cara membuat hidup sehat bugar jasmani dan rohani selanjutnya adalah dengan makan dalam ukuran yang layak. Jika anda mempertahankan ukuran porsi anda yang masuk akal, lebih mudah untuk menyantap makanan yang diinginkan supaya tetap sehat. Makanan masak yang disajikan adalah 3 ons. Ukuran sedang buah-buahan adalah satu porsi dan satu cangkir pasta yang seimbang dua porsi, dan 4 porsi es krim.

 

  • Makan Secara Teratur

Melewatkan jam makan hanya akan membuat kontrol rasa lapar hilang, bahkan hasilnya malah jadi lapar yang berlebihan. Saat merasalapar, itu juga berarti anda melupakan soal nutrisi dalam makanan. Menyantap cemilan diantara jam makan satu-satunya cara yang dapat membantu anda mengatasi rasa lapar, tapi jangan makan cemilan berlebihan.

 

  • Kurangi, Bahkan Membatasi Porsi Makan

Kebanyakan orang menyantap makanan untuk menyenangkan diri, jika makanan favorit anda jenis yang tinggi lemak, garam, atau gula, kunci untuk menjadikanya layak. Periksa terlebih dahulu kandungan dalam diet makanan anda dan ubahlah jika perlu. Bagi orang dewasa yang mengonsumsi makana tinggi lemak atau produk susu penuh dalam setiap makanan mereka, sebenarnya sudah menyantap terlalu banyak lemak. Manfaatkan daftar nutrisi dalam label makanan untuk membantu menyeimbangkan pilihan makanan.

 

  • Seimbangkan Pilihan Makanan Anda Setiap Hari

Tak semua jenis makanan harus sempurna. Saat menyantap makanan tinggi lemak, garam, atau gula, pilih yang bahan-bahanya paling rendah. Jika anda melewatkan kelompok makanan ini dalam sehari, perbaiki dihari beikutnya.

 

Itulah cara membuat hidup sehat bugar jasmani dan rohani, seberanya masih ada cara lain yang dapat anda lakukan, seperti:

 

  • Mengetahui kesulitan program diet anda
  • Buat perubahan hidup tak sehat secara bertahap
  • Olahraga secara teratur.

 

Semoga memberi manfaat bagi anda semua, dan selamat mencoba!!!

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*