Cara Membuat Usaha Kecil Dapat Berkembang dengan Baik

Membuat usaha kecil dapat berkembang dengan baik itu memerlukan beberapa tips dan trik khusus, karena usaha kecil yang akan anda jalankan terkadang terbentur dengan pengadaan modal yang terbatas.

 

Membuka usaha kecil memang harus memerlukan kesabaran dan ketekunan yang tinggi, karena usaha kecil berarti juga dengan modal yang kecil, sehingga akan membuat anda kurang leluasa dalam bergerak (baik dalam pengadaan barang dan promosi). Namun anda tidak perlu berkecil hati dan pesimis karena usaha apapun kalau dijalani dengan serius dan kerja keras maka hasilnya-pun akan maksimal. Yang perlu anda perhatikan adalah:

 

  • Pilih Lokasi Yang Tepat

Cara membuat usaha kecil bisa berkembang dengan baik yang pertama adalah dengan memilih lokasi yang tepat. Pilih lokasi usaha yang benar-benar sesuai dengan usaha yang akan anda jalankan. Misal saja anda akan membuka usaha warung rokok dan bensin, maka carilah lokasi yang strategis seperti dipinggir jalan raya yang rame dan banyak lalu lalang kendaraan (roda dua khususnya). Misal juga bila anda akan menjalankan usaha kecil angkringan, nah pilih lokasi yang dekat dengan tempat kost atau tempat dimana banyak orang yang sedang tongkrong, dll.

 

  • Perhatikan Kualitas

Perhatikan kualitas dagangan yang akan anda jajakan. Usahakan agar barang yang anda jual diperhatikan kualitasnya, jangan asal-asalan. Hal ini berkaitan dengan promosi, karena jika barang yang anda jual kualitasnya bagus, maka dengan otomatis usaha anda akan dikenal dari mulut ke mulut. Ini menjadi sebuah keuntungan bagi anda

 

  • Pelayanan Yang Baik

Cara menjadikan usaha kecil dapat berkembang dengan baik selanjutnya adalah perhatikan pelayanan yang anda berikan. Pelayanan adalah cara utama agar pelanggan betah untuk terus menjadi pelanggan tetap anda. tetap gunakan istilah “pembeli adalah raja”. Senyum, salam dan sapa sudah menjadi keharusan bagi anda dalam upaya memanjakan pembeli.

 

  • Tidak Ada Kata Menyerah

Terus bekerja keras, jangan pantang menyerah. Hadapi segala rintangan yang ada, karena bisanya usaha yang baru dirintis akan sangat sulit mendapatkan pembeli atau pelanggan. Tetaplah berusaha dan jangan pernah menyerah.

 

  • Berdoa

Cara membuat usaha kecil dapat berkembang dengan baik yang terakhir adalah dengan berdoa. Ini merupakan hal yang sering dilupakan oleh seseorang yang mau memulai usaha. Berdoa kepada Tuhan adalah kewajiban manusia agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam hal apapun. Mintalah petunjuk terhadap Yang Maha Esa.

 

Itulah cara mudah agar usaha kecil yang akan kita jalankan berjalan sesuai yang diharapkan. Semoag menjadi manfaat bagi anda semua, selamat mencoba!!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*