Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Dini, Masa Tua Lebih Menyenangkan

Ada beberapa cara untuk mencegah osteoporosis, dan anda harus mengetahuinya agar terbebas dari penyakit osteoporosis tersebut. Osteoporosis adalah kondisi menurunya kualitas kepadatan pada tulang , sehingga menyebabkan tulang menjadi keropos. Hal tersebut akan membuat si penderita menjadi terbatasi dalam melakukan aktivitas.

Mengatasi osteoporis adalah cara tepat sebelum osteoporosis itu muncul dan membatasi gerak anda. Osteoporosis biasanya menyerang manusia pada usia 50 tahun ke atas, namun tidak menutup kemungkinan sebelum usia itu terkena penyakit tersebut. Maka untuk itu perlu pencegahan secara dini agar tidak mengalaminya, lalu bagaimana cara mencegah datangnya osteoporis itu? lakukan beberapa cara berikut:

• Konsumsi kalsium dan vitamin D dalam jumlah cukup sesuai kebutuhan tubuh.

• Jika diperlukan, konsumsilah suplemen.

• Lakukan latihan fisik atau olahraga secara teratur. Sebaiknya latihan fisik yang dilakukan adalah yang bersifat menahan beban dan memperkuat otot untuk meningkatkan ketangkasan, kekuatan, postur tubuh, keseimbangan.

• Memperbaiki gaya hidup anda, misal saja jangan merokok, jangan mengkonsumsi alkohol. Zat nikotin yang terkandung dalam rokok mempercepat proses penyerapan tulang. Dan khusus wanita, nikotin bisa menurunkan aktivitas estrogen dalam tubuh sehingga susunan sel tulang tidak lagi kuat dalam menghadapai proses pelapukan. Selain itu, kafein dan alkohol juga bersifat toksin yang menghambat proses pembentukan masa tulang (osteoblas).

• Mengkonsumsi makanan sehat merupakan cara mencegah datangnya osteoporosis. Untuk menjaga kepadatan tulang, konsumsilah ikan (paling bagus adalah yang bertulang lunak, misal bandeng presto), anda juga bisa mengkonsumsi daging unggas, telur, dan jenis kacang-kacangan, sayuran (brokoli), buah-buahan, ragi.

• Hindari makanan mengandung lemak tinggi. Lemak sifatnya mengikat kalsium, sehingga proses kepadatan tulang menjadi terganggu.

• Lakukan pengecekan sejak dini secara rutin. Lakukan pengecekan densitas masa tulang (bone mass density) bagi anda yang sudah memasuki usia 50 tahun keatas. Pemeriksaan ini bisa dilakukan minimal 2 tahun sekali.

• Jika diketahui anda sudah mengalami osteoporosis maka lakuka perawatan sejak dini.

Mencegah lebih baik dari mengobati, begitu juga dengan penyakit osteoporosis. Cegah sebelum semuanya terlambat,agar anda tetap bisa beraktivitas dengan normal pada usia senja. Itulah cara mencegah osteoporosis sejak dini, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*