Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Anak Cerdas

Cara menjadikan anak cerdas ada berbagai macam, dan artikel kali ini akan saya bahas bagaimana cara mendidik anak agar menjadi anak yang cerdas. Sebagai orang tua sudah menjadi kewajiban untuk mendidik dan mengasuh anak agar kelak menjadi pribadi yang baik dan cerdas.

 

Mempunyai anak yang cerdas adalah dambaan setiap orang tua, dan untuk mewujudkanya dibutuhkan kesabaran dan keseriusan para orang tua. Memang, akal dan pikiran seorang manusia itu adalah kuasa sang pencipta, namun kewajiban anda sebagai orang tua adalah mengasah dan mengajari sang buah hati untuk menjadi seorang yang cerdas dan bermanfaat bagi semuanya. Berikut adalah tips untuk membantu anak mengasah kemampuanya dalam mencerdaskan pola berfikir mereka:

 

  • Bicara Secara Cerdas Terhadap Anak

Cara mendidik anak agar menjadi anak cerdas yang pertama adalah dengan bicara secara cerdas saat dengan anak. Sebuah study mengatakan bahwa anak akan menjadi lebih cerdas apabila anak yang masih bayi selalu diajak bicara yang positif, walau bayi tidak bisa membalas setiap ucapan yang anda lontarkan namun sang bayi terlatih dan tertanam dalam memori setiap yang anda ucapkan. Maka ajaklah ngobrol sang bayi dengan bahasa yang cerdas agar kelak anak anda menjadi pribadi yang cerdas.

 

  • Ajak Anak Berkegiatan Yang Positif

Dunia anak adalah dunia bermain, maka ajari anak anda untuk bermain yang positif. Dengan permainan yang positif maka anak akan mendapatkan sesuatu yang positif juga. Dampingi anak saat anda bermain, agar selain anda bisa mengawasi juga bisa mengarahkan.

 

  • Bacakan Sebuah Dongeng

Cara mendidik anak agar menjadi anak yang cerdas selanjutnya adalah dengan sering membacakan dongeng yang inspiratif. Ceritakan dongeng yang mempunyai nilai-nilai kebaikan, agar anak bisa meniru karakter baik dalam dongeng. Anak adalah pribadi yang mencontoh apa yang ada di sekitar, maka beri contoh setiap hal apapun yang memberi nilai-nilai kebaikan. Bukan hanya sebuah tuntunan yang baik dalam sebuah dongeng saja yang bisa buah hati anda ambil, namun pelajaran tentang bagaimana mertingkah laku terhadap orang lain, bagaiamana cara keluar dari permasalahan, dll.

 

  • Ajari Bernyanyi

Cara menjadikan anak cerdas yang terakhir adalah dengan mengajarinya bernyanyi. Dengan bernyanyi maka anak anda akan terlatih konsentrasinya untuk mengingat setiap bait dalam sebuah lagu, maka dengan demikian anak akan terlatih motoriknya. Hal itulah yang bisa mencerdaskan anak anda.

 

Demikian tips mengajari anak agar menjadi pribadi yang cerdas dan berguna bagi sekitarnya. Anak adalah titipan Tuhan, maka sudah sepantasnya kita menjaga dan merawatnya dengan sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat bagi anda semua!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*