Cara Mengajarkan Kedisiplinan Pada Anak

Anak adalah harapan orang tua untuk menjadi pribadi yang berguna dan dapat membaggakan orang tua. Maka dari itu diperlukan didikan yang tepat agar anak tidak sampai salah jalan. Salah satu jalan menuju pribadi yang baik dan sukses adalah dengan menegakkan kedisiplinan, dari itu penting bagi anda sebagai orang tua untiuk mengajarkan kedisplinan pada anak sejak dini.

 

Manfaat yang dapat diperoleh dari kedisiplinan antara lain:

  • Memupuk tanggung jawab
  • Mengajarkan keteguhan hati
  • Menjadi percaya diri
  • Dapat menumbuhkan sikap mandiri
  • Dapat mengatur waktu

 

Untuk menumbuhkan sikap disiplin pada anak itu dapat ditempuh antara lain:

 

  • Membereskan Semua Mainan Setelah Digunakan

Cara meningkatkan kedisiplinan pada anak yang pertama adalah dengan memberitahu bahwa sehabis bermain, permainan yang digunakan untuk segera dibereskan. Hal ini bertujuan agar anak belajar disiplin melaksanakan kewajibanya sendiri. Jika setelah anak bermain dan permainan yang digunakan dibiarkan berserakan maka jiwa anak untuk disiplin tidak akan tumbuh dan mereka akan selalu tergantung pada orang lain.

 

  • Ajarkan Tolong Menolong Sejak Dini

Untuk menjadikan anak mempunyai sikap disiplin maka ajarkan anak untuk saling menolong sejak dini, dengan demikian anak akan menjadi mempunyai empati tinggi atas apa yang dialami orang lain. Displin bisa tumbuh dari rasa empati terhadap orang lain, sehingga kelak jika mereka dewasa akan mampu berguna bagi orang lain.

 

  • Ajarkan Bangun Pagi

Untuk mendidik kedisiplinan anak selanjutnya adalah dengan mengajarkan anak untuk bangun pagi. Selain berguna untuk mengajarkan kedisiplinan, dengan bangun pagi maka anak tidak akan menjadi seorang yang pemalas.

 

  • Atur Jadwal

Buatlah jadwal kegiatan anak setiap harinya, misal saja jam berapa harus mandi, jam berapa waktunya bermain, dan jam berapa mereka harus tidur. Nah jadwal tersebut akan membuat anak terdidik untuk terbiasa melakukan hal tersebut tepat sesuai jadwal yang anda buat.

 

  • Beri Hadiah Setiap Anak Berhasil Melakukan Sesuatu

Misal saja anak berhasil melaksanakan apa yang anda suruh, maka berikan hadiah padanya (itu sebagai motivasi anak). Tidak mesti harus berupa barang mewah,cukup dengan memuji anak maka itu merupakan hadiah yang cukup atas keberhasilanya.

 

  • Jangan Memanjakanya

Setiap orang tua pasti berharap anakya bahagia, namun tidak harus dengan memanjakanya. Memanjakan buah hati dan menuruti semua keinginan akan membuat anak mempunyai sifat yang tergantung pada anda, dan kemandirian juga kedisiplinanya tidak akan tumbuh dengan baik.

 

Itulah cara mengajarkan anak sikap disiplin, yang dapat menjadi bekal kelak saat anak menjadi seorang yang dewasa. Karena disiplin sangat perlu bagi setiap orang agar mereka tahu hak dan kewajibanya. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*