Cara Mengatasi Bootlop Pada HP Android Tanpa Flashing

Bootlop adalah masalah pada sistem HP android yang dimana android tersebut tidak dapat melakukan proses booting atau star-up sehingga saat anda menyalakan HP android tersebut tidak dapat sampai menu utama dan hanya sampai pada logo merk HP tersebut. Ada 3 macam kasus bootlop yang sering terjadi, yaitu Light Bootlop, Medium Bootlop, dan Hard Bootlop.

 

Dari 3 kasus diatas, penyebab dan cara mengatasinya juga berbeda-beda. Dibawah ini penjelasanya:

 

Light Bootlop

Biasanya terjadi akibat kesalahan anda saat mengoperasikan menu utama, dan tidak menggunakan recovery mode. Light bootlop biasanya hanya bersifat sementara, seperti android tiba-tiba blank. Cara mengatasinya adalah dengan merestar HP anda terlebih dahulu, namun jika sampai disitu masih belum seperti yang di inginkan maka segera cabut batrei HP anda lalu pasang kembali. Coba nyalakan kembali.

 

Medium Bootlop

Terjadi akibat kesalahan karena anda coba masuk ke recovery mode dan mencoba menginstal scrip yang dapat membahayakan android anda. Solusinya adalah sebelum anda mencoba mengatasinya, maka sebaiknya lakukan back up terlebih dahulu agar nanti bisa direstore jika timbul masalah.

 

Hard Bootlop

Dari ketiga macam bootlop diatas,hard bootlop adalah yang paling parah, karena jika android anda terkena hard bootlop maka HP tersebut hanya akan sampai menu logo merk HP tanpa bisa masuk ke menu utama. Cara mengatasi adalah dengan factory reset atau melakukan pengaturan ulang pabrik (mengembalikan setelan ke pengaturan pabrik). Dan ini akan mengakibatkan semua file dan aplikasi yang tersimpan pada internal HP akan terhapus. Lalu bagiaman langkah-langkah yang bisa anda ambil sebelum anda memutuskan membawa HP tersebut ke tukang service:

 

  • Pastikan batrei anda terisi dengan penuh, agar saat melakukan proses tidak terhenti di tengah.
  • Mulai dari HP dalam keadaan mati.
  • Tekan dan tahan tombol volume up+power+home secara bersamaaan. Tekan sampai muncul recovery mode.
  • Gunakan volume up untuk memilih factory reset.
  • Jika sudah ketemu, tekan tombol home untuk memulai.
  • Tunggu beberapa saat proses sedang berlangsung, tunggu sampai selesai.
  • Kemudian pilih lagi menu Reebort System Now.

 

Namun perlu di ingat, android yang terkena hard bootlop hanya bisa masukke recovery mode saat HP mati atau off. Dan satu lagi, setiap merk HP terkadang berbeda-beda saat akan masuk ke recovery mode.

 

Itulah cara mengatasi masalah bootlop pada android anda, jika hal diatas belum dapat mengatasi masalah yang ada, sebaiknya bawa dan service Hp anda ke tukang service. Semoga bermanfaat bagi anda.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*