Cara Mengatasi Kebiasaan Buruk Mendengkur Saat Tidur

Mendengkur atau ngorok adalah kebiasaan buruk saat tidur, dan bisa mengganggu orang disekeliling. Mendengkur ternyata bisa membahayakan karena dapat mengakibatkan beberapa penyakit, antara lain:

 

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Stroke
  3. Depresi
  4. Kerusakan pada otak
  5. Diabetes

 

Itulah bahaya dan resiko penyakit yang diakibatkan dari mendengkur, karena mendengkur tidak bisa dianggap remeh. Sedangkan penyebab utama dari mendengkur antara lain:

  1. Hidung sedang mengalami gangguan karena pilek
  2. Tonsil atau adenoid yang mengalami pembesaran
  3. Karena obesitas atau kegemukan
  4. Kurang tidur akibatnya tidur terlalu nyenyak karena capek

 

Nah setelah mengetahui behaya dan penyebab dari mendengkur, maka sekarang kita bahas bagaimana cara mengatasinya. Cara mengatasinya antara lain:

 

Dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan kebiasaan buruk mendengkur yang pertama adalah dengan menggunakan bahan alami. Bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati mendengkur adalah kunyit dan madu.

Caranya: parut kunyit hingga lembut, lalu peras dan ambil airnya saja. Campur dengan sedikti madu, lalu minum 3 kali dalam sehari.

 

Kurangi Berat Badan

Cara yang lain adalah dengan melakukan program pengurangan berat badan karena berat badan yang terlalu berat akan mengakibatkan mendengkur disaat tidur. Pola makan yang sehat dan rendah lemak akan mengurangi berat badan anda.

 

Istirahat Yang Cukup

Cara mengobati kebiasaan mendengkur selanjutnya adalah dengan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup akan membantu anda mengurangi resiko mendengkur, karena dengan istirahat yang cukup akan membantu tidur anda yang normal dan wajar.

 

Ubah Posisi Tidur

Posisi telentang saat tidur adalah yang sering terjadi dengkuran, maka dari itu ubahlah posisi tidur anda. anda bisa dengan posisi miring saat tidur.

 

Itulah beberapa cara mengobati atau menghilangkan kebiasaan buruk mendengkur saat tidur anda. semoga bermanfaat bagi anda semua dan selamat mencoba!!!

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*