Cara Mengatasi Nyeri Haid Dengan Sederhana

Terkadang saat wanita mengalami menstruasi atau haid akan timbul rasa nyeri. Hal itu mengakibatkan wanita tersebut menjadi malas untuk melakukan segala kegiatan, bahkan rasa nyeri saat haid bisa mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa. Mungkin salah satu diantara anda pernah mengalami hal tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pada artikel edisi kali ini akan saya bahas mengenai bagaimana cara mengatasi nyeri haid dengan cara sederhana.

 

Nyeri saat haid memang sudah menjadi hal biasa bagi para wanita, namun jika bisa diatasi kenapa tidak? Cara mengatasi nyeri haid dengan cara sederhana itu antara lain:

 

  • Dengan Cara Beristirahat Yang Cukup

Saat nyeri haid mendera, buat istirahat saja dan jangan melakukan kegiatan apapun. Dengan istirahat yang cukup, maka rasa nyeri saat haid itu akan sedikit demi sedikit terobati dengan sendirinya. Jika anda memaksakan untuk tetap melakukan kegiatan, hal tersebut akan membuat rasa nyeri tersebut semakin menyakitkan.

 

  • Kompres Air Hangat

Cara mengatasi nyeri haid selanjutnya adalah dengan mengompres perut bagian bawah yang terasa nyeri. Kompres dengan menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat, atau bisa juga menggunakan botol yang sudah diisi air hangat. Hal tersebut bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, selain itu juga akan memberikan dampak rileks bagi anda.

 

  • Gunakan Pakaian Yang Longgar

Pakaian yang terlalu ketat saat terjadi menstruasi juga bisa menimbulkan nyeri, maka dari itu gunakanlah pakaian yang longgar agar peredaran darah tidak terganggu dan menjadi lancar.

 

  • Mandi Menggunakan Air Hangat

Cara mengatasi nyeri haid selanjutnya adalah dengan cara mandi menggunakan air hangat. Hal tersebut memberikan efek rileksasi bagi tubuh serta pikiran anda, sehingga berangsur-angsur nyeri haid akan hilang dengan sendirinya.

 

  • Perbanyak Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Saat haid, wanita sering mengalami anemia dan kekurangan sel darah merah. Untuk itu diperlukan makanan dengan zat besi tinggi, seperti ubi merah, daun singkong, kacang-kacangan, bayam, dll.

 

Itulah cara mengatasi nyeri saat haid. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba dan salam sehat untuk kita semua.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*