Cara Mengendalikan Emosi Saat Terjadi Perselisihan Dengan Pasangan

Emosi bukan merupakan sebuah solusi, karena emosi justru akan menambah masalah. Maka dari itu perlu kepala dingin untuk menghadapi segala sesuatu, termasuk menghadapi sebuah masalah.

 

Mengendalikan emosi sangat penting, apalagi terhadap pasangan agar hubungan tetap terjaga dengan baik. Memang tidak mudah untuk mengendalikan emosi itu, apalagi saat ada pertengkaran dengan pasangan. Namun permasalahan tetap harus diselesaikan dengan kepala dingin agar yang didapat itu solusi bukan perpecahan.

 

Lalu bagaimana cara mengendalikan emosi itu? berikut tips dan caranya:

 

  • Ingat Akibat

Saat perselisihan terjadi, hendaknya anda mengingat akibat yang akan terjadi jika diselesaikan dengan emosi. Perlu anda ingat bahwa emosi akan menambah masalah menjadi semakin rumit, dan akibat yang ditimbulkan akan berdampak pada hubungan anda. Itulah cara mengendalikan emosi yang pertama.

 

  • Berjiwa Besar

Lagkah mengendalikan emosi selanjutnya adalah dengan berjiwa besar, yaitu mengakui jika memang anda salah dan segera minta maaf. Dan jika pasangan anda melakukan kesalahan, lalu dia sudah meminta maaf maka berbesar hatilah untuk memaafkanya.

 

  • Ingat Dia Bukan Musuh Melainkan Pasangan Anda

Pasangan adalah seseorang yang special dihati anda, maka tidak selayaknya anda mencaci dan memakinya. Berbeda dengan musuh yang setiap saat akan menikam anda dari belakang, pasangan adalah orang yang akan mendukung anda dari dibelakang.

 

  • Memaklumi Keadaan

Terkadang kesalahan yang dia buat bukanlah sebuah kesengajaan, misal saja pasangan anda menjatuhkan sebuah gelas. Nah anda jangan langsung emosi, maklumi saja keadaan itu bukalah sebuah kesengajaan. Bisa saja saat itu pasangan anda ingin membuatkan sebuah minum untuk anda.

 

  • Tarik Napas

Sebelum anda memulai diskusi membahas sebuah permasalahan, tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan. Itu akan membuat anda menjadi lebih tenang dan akan berbicara dengan kepala yang dingin.

 

Mencoba berfikir positif juga bisa menjadi cara mengendalikan emosi anda. Itulah beberapa cara mengendalikan emosi saat terjadi perselisihan dengan pasangan. Semoga bermanfaat bagi anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*