Cara Menghadapi Karyawan yang Keras Kepala

Karyawan adalah ujung tombak dalam menjalankan usaha anda, maka sebisa mungkin anda memperlakukanya sebaik mungkin agar karyawan anda dapat betah bekerja ditempat anda. Namun karena karakter setiap orang itu berbeda-beda, dan itu berlaku untuk karyawan anda. Ada yang sifatnya nurut, ada yang gampang marah, ada yang ngeyel, dll. Dengan berbagai karakter yang mereka miliki, maka anda harus mampu menjadi seseorang yang tegas namun tetap bijaksana. Namun tidak semua karakter karyawan akan saya bahas pada edisi kali ini, dan saya hanya akan membahas bagaimana cara menghadapi karyawan yang memiliki watak atau sifat keras kepala.

Keras kepala itu merupakan sikap yang tidak gampang dikasih tahu, maunya menang sendiri, dan jika itu ada dalam salah satu karyawan anda, maka hal dibawah ini bisa anda lakukan untuk menghadapinya:

 

• Sabar
Cara menghadapi karyawan yang memiliki sifat keras kepala yang pertama adalah anda harus sabar. Jangan dihadapi dengan keras juga, karena itu justru akan membuatnya semakin membangkang. Selama sifat keras kepalanya masih bisa ditutupi dengan kinerjanya yang menguntungkan bagi usaha anda, maka biarkan saja dan anda hanya perlu bersabar untuk menghadapinya.

 

• Buat Dia Nyaman
Orang yang memiliki sifat keras kepala itu biasanya karena ingin diperhatikan lebih dibanding yang lain, dan itu tentunya berat bagi anda karena takut dikira pilih kasih nantinya. Yang bisa anda lakukan adalah membuatnya nyaman, dengan cara memuji hasil kerjanya (selama memang bagus).

 

Bantu Pekerjaanya Saat Dia Melakukan Kesalahan
Cara menghadapi karyawan keras kepala selanjutnya adalah dengan membantu pekerjaanya saat dia melakukan kesalahan. Seperti yang suda saya katakan diawal bahwa orang yang bersifat keras kepala maka akan sulit untuk diberitahu, maka untuk menyikapi hal itu adalah bantu pekerjaanya saat dia salah. Jangan langsung ditegur, namun anda kerjakan pekerjaanya, itu untuk memberi teguran secara halus. Apa yang anda kerjakan, maka kemungkinan besar dia akan mengikutinya.

 

Jalin Keakraban Dengan Sering Mengajaknya Bercanda
Selanjutnya adalah dengan menjalin keakraban denganya, caranya adalah dengan sering mengajaknya bercanda (tentunya saat tidak sibuk). Dengan sering mengajaknya bercanda maka akan terjalin keakraban antara anda dan karyawan tersebut. Hal itu akan menjadikan dia menjadi lebih sungkan terhadap anda, sehingga mengurangi sifat keras kepalanya.

• Berhentikan
Langkah terakhir dalam menghadapi karyawan yang mempunyai sifat keras kepala adalah berhentikan saja. Jika dirasa itu sudah tidak membuat kenyamanan dalam usaha anda, dan kinerjanya tidak bagus, maka hentikan saja.

 

Itulah cara menghadapi karyawan yang mempunyai sifat keras kepala, semoga bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba!!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*