Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita

Manusia mempunyai ragam keinginan dan juga beraneka macam sikap maupun sifat, sehingga terkadang membuat mereka menyukai ataupun membenci atas apa yang kita lakukan. Kita tidak bisa memaksakan kehendak agar mereka semua menyukai kita, karena baik dan buruknya perilaku kita, adalah orang lain yang menilai. Sehingga jika ada salah satu dari perilaku kita yang tidak sesuai dengan salah satu orang, maka kemungkinan besar orang itu akan membenci kita. Apalagi jika kitaadalah seorang pemimpin, sehingga akan rentan sekali orang yang tidak menyukai kita (walaupun kita sudah berbuat yang terbaik buat mereka). Cara menghadapi orang yang membenci kita tidak harus dengan emosi dan amarah, karena hal itu akan menambah kebencian mereka terhadap kita.

 

Yang seharusnya kita lakukan terhadap orang yang membenci kita adalah:

 

  • Intropeksi Diri

Cara menghadapi orang yang membenci kita yang pertama adalah dengan intropeksi diri. Terkadang tanpa kita sadari kelakuan dan sikap kita membuat orang lain membenci kita, nah untuk itu intropeksilah apa yang salah terhadap diri kita, setelah ketemu segera perbaikilah. Jangan langsung mencela orang yang membenci kita, karena bisa jadi rasa benci dari orang itu adalah teguran dan bahan renungan kita agar berbuat dan bertingkah laku lebih baik lagi.

 

  • Bicarakan Dengan Orang Yang Membenci Kita

Jangan mengira-ngira atau menduga-duga kenapa orang lain membenci kita, karena dugaan tersebut akan membuat pikiran kita diselimuti hal yang negatif. Akan lebih baik dan bijak jika kita langsung menanyakan terhadap orang tersebut, bagian mana yang salah dengan kita. Diskusikan secara baik apa yang salah dan apa yang harus kita lakukan agar dia tidak membenci kita lagi.

 

  • Tetap Berkepala Dingin dan Jangan Emosi

Anggap saja bahwa kebencian orang terhadap kita adalah sebuah bentuk kritikan yang membangun bagi kita, maka dari itu jangan menyelesaikan hal tersebut dengan emosi. Tetaplah dengan kepala dingin untuk menyelesaikanya, agar kita menemukan solusi yang baik. Kebanyakan emosi seseorang dala menghadapi sesuatu justru akan membuat masalah itu semakin rumit dan sulit untuk diselesaikan.

 

  • Abaikan

Cara menyiasati orang yang membenci kita selanjutnya adalah dengan mengabaikanya. Anggap saja itu hanyalah angin lalu, dan jangan ditanggapi dengan serius. Anjing menggonggong, kafilah tetap berlalu. Terkadang orang benci terhadap kita karena orang itu iri terhadap kesuksesan kita, maka dari itu teruslah berjalan dan jangan hiraukan orang yang membenci kita.

 

  • Biar Pihak Lain Yang Menyelesaikan

Terkadang karena kebencian yang orang lain miliki, sehingga membuat mereka melakukan berbagai cara untuk menjatuhkan dan mengganggu kita. Jika hal itu sudah sangat meresahkan kita atas apa yang mereka lakukan, maka kita bisa melaporkan ke pihak yang berwajib. Itu bisa dikategorikan sebagai tindakkan yang tidak menyenangkan. Biarlah pihak polisi yang menyelesaikan permasalahan itu, sehingga kita tidak perlu pusing-pusing memikirkanya lagi. Jika kita tidak mau melaporkan masalah tersebut, maka tindakan kita yang terakhir adalah menyerahkan semuanya kepada Tuhan, dan biarlah hukum Tuhan yang berlaku.

 

Itulah cara menghadapi orang yang membenci kita, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat bagi anda semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*