Cara Mengurangi Sendawa

Manusia normal rata-rata mengalami sendawa sebanyak 30 kali setiap harinya. Sendawa merupakan fungsi normal dari tubuh yang bermanfaat mengeluarka gas atau udara yang menumpuk di dalam perut, sehingga dapat mengurangi rasa kurang nyaman. Namun meskipun wajar, hal ini terkadang sangat memalukan ketika sendawa terjadi di depan umum.

Penyebab sendawa adalah ketika manusia makan atau minum, maka sebenarnya udara seperti gas oksigen dan nitrogen juga masuk ke dalam perut. Jika udara tersebut sudah menumpuk maka harus dikeluarka melalui sendawa. Kebiasaan minum menggunakan sedotan juga dapat meningkatkan volume udara tertelan bersamaan waktu minum. Minuman kaleng dan minuman bersoda juga dapat mrnyebabkan sendawa.

Lalu bagaimana cara menguranginya? Dibawah ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi sendawa:

  1. Akan lebih baik makan 6 kali sehari dengan porsi kecil, disbanding makan 3 kali sehari dalam porsi besar. Hal ini terjadi karena makan dengan porsi kecil akan mudah dicerna, juga gas yang ikut tertelan akan berkurang.
  1. Hindari berbaring atau tidur setelah makan. Akan lebih baiik habis makan berjalan sebentar atau duduk dengan posisi mendekati berlutut selama 10 menit. Cara ini dapat membantu mencerna makanan dengan lebih baik.
  1. Konsumsi biji adas, sepotong jahe kering atau permen jahe setelah makan. Cara ini bisa membantu mengurangi gas dilambung dan meredakan masalah senyawa.
  1. Makan dan minum dengan tenang, pelan saja dan jangan terburu buru.

Sendawa seperti yang sudah saya kemukakan diatas bahwa merupakan fungsi normal untuk mengeluarkan gas dalam perut, maka hal ini merupakan sebuah kewajaran. Namun perlu di ingat jika sendawa berlangsung secara terus menerus disertai gejala seperti nyeri perut, dada terasa panas, mual, muntah, penurunan berat badan, maka sebaiknya segera untuk berkonsultasi dengan dokter.

Demikian artikel singkat tentang sendawa dan bagaimana cara menguranginya. Semoga bermanfaat bagi anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*