Cara Meningkatkan Daya Ingat

Ingatan yang kuat akan membuat seseorang gampang fokus terhadap banyak hal, begitu juga sebaliknya, daya ingat yang lemah akan membuat seseorang kurang fokus dalam mengerjakan sesuatu (atau istilah kerenya jaman sekarang adalah gagal fokus). Untuk meningkatkan daya ingatan, maka anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

Menggosip

Jangan merasa bersalah menggosip dengan teman. Dalam sebuah studi Harvard, para ahli menemukan, orang-orang yang melaporkan paling banyak teman punya ingatan yang 50% lebih baik dibanding yang menghabiskan waktu bersendiri. Berbagi info personal dan cerita membantu meningkatkan jumlah neuron otak yang anda memiliki.

Tips:
Terlalu sibuk untuk ngobrol dengan teman? Buat drfat e-mail saja atau telepon. Beberapa studi menemukan, semua jenis sosialisasi berkhasiat jika anda melakukanya paling sedikit sekali dalam seminggu.

Olahraga

Lagi, sebuah studi Harvard menemukan,  orang yang aktif 30 menit, hanya 3 kali dalam seminggu berkemungkinan lebih kecil 20% menderita masalah ingatan. Khasiat ini meningkat jika anda mengerjakan sesuatu yang anda sukai, misalnya main dengan anak-anak. Rasa senang meningkatkan produksi zat kimia otak yang meningkatkan konsumsi sel-sel.

Solusi:
Untuk meningkatkan efek penguatan otak, cobalah aktivitas yang tak pernah anda lakukan sebelumnya. Studi menemukan, belajar gerakan-gerakan baru seperti langkah dansa dan yoga, hal ini dapat membantu menstimulir pertumbuhan dan koneksi otak.

Perbanyak Makan Ayam

Ayam memiliki kandungan niacin, sejenis vitamin yang membantu sel bertahan terhadap penuaan. Tak heran orang yang makan paling banyak makanan kaya niacin berisiko lebih rendah 80% penurunan dayan ingat. Kata sebuah studi dalam Journal of Neurology, agar rendah lemak, maka ayam sebaiknya jangan digoreng. Lebih baik dipanggang atau di gril.

Tips:
Dapatkan 15 mg perhari. Sepotong ayam 3,5 ons mengandung 13 mg niacin (itu sudah cukup untuk membantu daya ingat anda).

Fokus untuk mengerjakan apapun harus diawali dengan daya ingat yang kuat. Maka dari itu, anda harus pintar dalam meningkatka daya ingat agar segala hal yang anda hadapi dapat berjalan sesuai harapan. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*