Cara Menjaga dan Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Saat lebaran seperti sekarang ini, banyak tersaji makanan yang mengandung lemak tinggi, dan itu dapat mengakibatkan berat badan menjadi naik secara tidak terkontrol. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat bulan puasa adalah saat yang tepat untuk beribadah sambil diet, namun setelah memasuki bulan syawal (lebaran) berat badan menjadi kembali seperti semula, bahkan naik secara drastis. Untuk mengatasi kenaikan berat badan tersebut, disini akan saya bahas bagaimana cara menjaga atau menurunkan berat badan setelah lebaran.

 

Momen lebaran selain maaf memaafkan, juga momen yang tepat untuk saling berbagi, terutama makanan. Dikala tamu datang berkunjung untuk silaturohmi dan meminta maaf, maka akan ada banyak makanan yang biasanya mengandung lemak tinggi, karena banyak makanan yang berbahan dasar daging, entah daging ayam, kambing, dan sapi. Hal itulah yang menjadi penyebab utama kenapa setelah lebaran banyak orang yang berat badanya naik secara cepat. Untuk menjaga dan menurunkan berat badan setelah momen lebaran, banyak cara yang dapat anda lakukan, diantaranya:

 

  • Mengambil Makanan Dengan Porsi Kecil

Saat anda datang kerumah tetangga atau saudara, maka akan tersaji banyak banget makanan disana, dan itu sudah menjadi hal yang lumrah. Nah untuk itu, ambilah porsi kecil saja, agar berat badan anda dapat terjaga dengan baik. Apalagi jika anda bertamu bukan hanya dirumah itu saja, melainkan masih bertamu ditempat lain, maka anda akan disuguhi berkali-kali makanan, dan itu akan membuat anda menjadi dilema, ditolak tidak enak sama yang didatangi, namun diterima juga akan menjadi masalah bagi anda. untuk itu sebaiknya ambil makanan sewajarnya (kecil) saja, agar berat badan anda terjaga.

 

  • Dengan Mengontrol Kalori Yang Masuk Kedalam Tubuh

Saat puasa dan lebaran banyak makanan yang mengandung kalori, dan anda kurang dapat mengontrol jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh, dan itu bisa mengakibatkan berat badan menjadi naik. Nah, untuk mengatasi hal itu, setelah momen lebaran, sebaiknya kurangi jumlah kalori yang masuk kedalalm tubuh agar berat bdan ideal dapat terjaga dengan baik.

 

  • Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Untuk menjaga dan menurunkan berat badan setelah lebaran selanjutnya adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Air putih selain dapat menyehatkan tubuh manusia, juga dapat menjaga berat badan menjadi terkontrol, untuk itu dianjurkan meminum banyak air putih saat berat badan anda naik setelah lebaran.

 

  • Berolahraga Secara Rutin

Untuk mendapatkan tubuh langsing seperti sedia kala, maka perbanyak aktivitas olahraga. Banyak orang yang mengacuhkan hal tersebut, namun jika anda menginginkan tubuh langsing ideal setelah berat badan naik saat lebaran, maka olahraga-lah dengan rutin sepanjang waktu. Karena selain anda mendapatkan manfaat menurunkan berat badan, dengan olahraga juga dapat membuat tubuh anda menjadi sehat.

 

  • Dengan Mengkonsumsi Buah-Buahan

Cara tepat dan cepat menurunkan berat badan setelah lebaran yang terakhir adalah dengan cara mengkonsumsi buah-buahan. Hal itu akan membuat perut tetap kenyang walaupun tidak mengonsumsi makanan utama. Nah, dengan cara itu maka berat badan anda akan segera normal seperti sedia kala.

 

Itulah cara menjaga dan menurunkan berat badan setelah lebaran, semoga bermanfaat bagi anda semua. Terakhir dari saya, selamat hari raya idul fitri, minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*