Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Tetangga

Menjaga hubungan baik dengan tetangga itu sangat penting bagi anda karena di dunia ini anda tidak bisa hidup sendiri. Tetangga adalah orang yang paling dekat dengan anda, dan jika terjadi sesuatu dengan anda maka tetangga adalah orang yang bisa anda mintai tolong pertama kali, atau jika anda sedang mengadakan hajatan, maka tetanggalah yang dengan suka rela membantu anda.

 

Namun terkadang karena salah paham atau adanya sebuah kejadian, hubungan baik yang sudah terjalin baik dengan tetangga akan menjadi renggang. Maka dari itu anda harus tahu cara menjaga hubungan baik dengan tetangga, agar tidak terjadi konflik yang mengakibatkan kerenggangan hubungan. Cara menjaga hubungan baik dengan tetangga itu antara lain:

 

  • Tolong Menolong

Saat tetangga anda membutuhkan bantuan, maka jangan pernah merasa keberatan untuk membantunya. Hal itu akan berbalik kepada anda, saat anda membutuhkan bantuan tetangga, maka tetangga akan dengan senang hati membantu anda. Pada intinya, hidup bertetangga itu harus saling tolong menolong. Tolong menolong adalah cara menjaga hubungan baik dengan tetangga yang pertama.

 

  • Jangan Lupa Untuk Bertegur Sapa Saat Bertemu

Terkadang karena kesibukan yang anda jalani, hal itu akan membuat silaturahmi anda dengan tetangga tidak berjalan dengan semestinya. Hal itu bisa anda atasi dengan saling bertegur sapa saat bertemu dengan tetangga.

 

  • Jadilah Pribadi Sopan

Cara menjaga hubungan baik dengan tetangga selanjutnya adalah anda harus menjadi pribadi yang sopan. Tetangga akan menghargai anda jika anda menghargai mereka, dan tetangga akan respek kepada anda jika anda sopan.

 

  • Jangan Sombong

Tetaplah menjadi pribadi yang rendah diri agar tetangga menyukai anda, karena sikap yang sombong dimanapun tempatnya akan tidak disukai orang lain. Jangan suka pamer akan apa yang anda punya, karena itu justru akan membuat tetangga anda membenci  anda.

 

  • Usahakan Untuk Mengikuti Segala Kegiatan Lingkungan

Cara mendekatkan diri dan menjaga hubungan baik dengan tetangga selanjutnya adalah dengan selalu berupaya mengikuti segala kegiatan yang dilakukan oleh lingkungan tempat tinggal anda. Jika karena kesibukan yang anda jalani membuat anda tidak bisa mengiuti kegiatan, maka sebaiknya anda minta ijin kepada ketua lingkungan tempat tinggal ada.

 

  • Mengunjungi Tetangga Saat Anda Tidak Sibuk

Cara menjaga hubungan baik dengan tetangga yang terakhir adalah dengan mengunjungi tetangga saat anda tidak memiliki kesibukan. Dengan bersilaturahmi, maka hubungan dengan tetangga bisa semakin erat. Atau setidaknya saat ada momen special (misal lebaran), anda saling bersilaturahmi dengan tetangga anda.

 

Itulah cara menjaga hubungan baik dengan tetangga, semoga bermanfaat bagi anda semua. Sekali lagi saya tekankan bahwa anda tidak bisa hidup sendirian di dunia ini, maka dari itu berbuat baiklah dengan tetangga.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*