Cara Menjaga Keutuhan Rumah Tangga, Agar Bisa Langgeng

Saat menikah, setiap pasangan saling berucap janji suci agar pernikahan bisa abadi sampai maut yang memisahkan. Namun pada kenyataanya, tidak semua berjalan sesuai yang diharapkan. Pertikaian yang berujung perceraian belakangan ini kerap terjadi. Maka dari itu diperlukan keteguhan hati kedua belah pihak untuk saling menjaga keutuhan rumah tangga tersebut.

 

Tidak mudah memang menjaga rumah tangga tersebut tetap harmonis, karena seringkali terjadi perpecahan dan kesalah pahaman diantara kedua belah pihak. Hal itulah yang bisa meretakkan rumah tangga jika tidak segera dicari solusinya secara bersama. Lalu apa dan bagaimana cara menjaga keutuhan rumah tangga agar tetap berjalan harmonis itu? dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan:

 

  • Memberi dan Menerima

Sebuah pernikahan adalah proses saling memberi dan menerima, dan jangan ada salah satu yang merasa lebih penting. Dengan saling memberi dan menerima, maka perbedaan yang ada bisa dijadikan penguat dalam rumah tangga. Setiap peran diantara kedua pihak adalah sama-sama penting, maka jangan beranggapan bahwa anda lebih penting dari pasangan anda.

 

  • Buang Egois

Cara menjaga keutuhan rumah tangga selanjutnya adalah dengan membuang jauh-jauh sifat egois anda. Egois adalah sifat yang akan menghancurkan rumah tangga anda. Kepentingan rumah tangga dan kepentingan bersama harus diatas segalanya, maka dari itu anda harus menekan keinginan anda demi terciptanya keharmonisan rumah tangga.

 

  • Komunikasi

Komunikasikan bersama pasangan setiap ada permasalahan, duduk bersama bicara dari hati ke hati agar permasalahan tidak semakin meruncing. Cari solusi bersama, dan yang terpenting solusi yang didapat harus atas kesepakatan bersama.

 

  • Jangan Langsung Percaya Gosip

Yang namanya gosip adalah sebuah berita yang belum tentu benar dan sesuai apa yang terjadi. Maka dari itu, jangan langsung percaya gosip tentang pasangan anda jika belum terbukti kebenaranya. Ini adalah merupakan salah satu cara menjaga keharmonisan dalam rumah tanga.

 

  • Dekatkan Dengan Agama

Agama adalah pondasi dalam segala bidang kehidupan, maka salah satu cara agar rumah tangga langgeng adalah dengan mendekatkan diri dengan yang Maha Esa. Dengan agama, maka segala bentuk kemaksiatan akan terminimalisir.

 

Menjaga keutuhan rumah tangga agar langgeng adalah tujuan awal dari pernikahan, maka jangan sampai permasalahan yang terjadi menghambat tujuan suci anda bersama pasangan. Itulah tips menjaga rumah tangga agar tetap langgeng, semoga bermanfaat bagi anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*