Cara Menyelesaikan Pertengkaran Antara Orang Tua Dengan Anak

banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya pertengkaran antara anak dengan orang tua, terlebih anak tersebut sudah menginjak remaja. Masa remaja adalah masa berapi-api, yang mau menang sendiri walau salah tak peduli hi hi hi (hehehe sebuah lirik lagu bang H. Rhoma Irama). Perbedaan penadapat sering menjadi awal pertengkaran antara anak dengan orang tua, dan karena keduanya tidak ada yang mau mengalah maka seringkali pertengkaran itu berlangsung lama dan berlarut-larut. Lalu bagaimana cara menyikapi atau menyelesaikan pertengkaran antara anak dengan orang tua itu? Hal tersebut akan saya bahas pada artikel edisi kali ini.

 

Seperti sudah menjadi kewajaran, biasanya anak perempuan akan sering bertengkar dengan orang tua perempuan (ibu), dan anak laki-laki, kebanyakan akan bertengkar dengan orang tua lelaki (ayah). Sebaiknya pertengkaran itu untuk segera diselesaikan dan jangan dibiarkan berlarut-larut, agar keharmonisan keluarga tetap terjaga. Cara menyelesaikan pertengkaran antara anak dengan orang tua itu dapat ditempuh dengan beberapa cara berikut:

 

  • Harus Ada Yang Mengalah

Jika kedua belah pihak tidak ada yang mengalah, maka masalah tidak akan pernah terselesaikan. Maka dari itu salah satu harus ada yang mengalah, biar masalah cepat selesai. Perbedaan pendapat adalah wajar, dan itu sudah menjadi bunga dalam hubungan keluarga, namun yang harus anda dan anak anda lakukan adalah mencari jalan yang terbaik untuk menyelesaikanya.

 

  • Mengakui Salah Dan Minta Maaf

Orang tua kebanyakan akan menganggap bahwa dirinya paling benar, padahal belum tentu demikian kenyataanya. Nah, bagi anda sebagai orang tua, jika memang dirasa anda memang salah maka segeralah akui kesalahan anda, dan tidak usaha malu untuk meminta maaf. Demikian sebaliknya, kamu sebagai anak, dan dirasa pendapat orang tuamu ternyata yang benar, maka akuilah kesalahanmu, dan segera meminta maaf agar masalah selesai.

 

  • Mendengarkan Alasan Masing-Masing

Cara menyelesaikan pertengkaran antara anak dengan orang tua selanjutnya adalah dengan saling mendengarkan alasan masing-masing. Kasih kesempatan keduanya untuk mengungkapkan alasan yang sedetailnya. Setelah kedua belah pihak mengungkapkan alasan masing-masing, maka dari situ akan kelihatan apa yang menjadi pokok perbedaan antara keduanya.

 

  • Cari Jalan Tengah Diantara Kedua Pendapat

Langkah terbaik untuk menyelesaikan pertengkaran antara anak dengan orang tua selanjutnya adalah dengan mencari jalan terbaik, yaitu jalan tengah agar adil buat semuanya. Misal saja, anda sebagai orang tua melarang anak untuk ngeband, dan kamu sebagai anak merasa bahwa orang tua terlalu kuno, ambilah jalan tengah dengan membolehkan anak anda ngeband tapi dengan syarat itu dilakukan pas hari libur saja, dan tidak boleh aneh-aneh (ngedrugs, dll), selain itu syarat lainya adalah agar kegiatan itu jangan sampai mengganggu proses belajar. Nah, kewajiban kamu sebagai anak adalah agar menjaga kepercayaan yang diberikan orang tua terhadapmu.

 

Itulah cara menyelesaikan pertengkaran antara anak dengan orang tua agar tidak berlarut-larut. Anda sebagai orang tua harus sedikit lebih fleksibel, karena jaman anda dan jaman anak anda sudah berubah. Dan untuk kamu sebagai anak, sebaiknya tetap menghargai orang tua, karena yakinlah bahwa orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi lebih baik. semoga bermanfaat!!!

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*