Cara Menyiasati Kenaikan Harga Bahan Pokok Menjelang Lebaran

Menjelang momen Lebaran seperti saat ini, para ibu rumah tangga banyak yang dibuat pusing dengan kenaikan harga bahan pokok. Perlu cara jitu untuk menyiasati kenaikan harga bahan pokok tersebut, dan itu akan saya bahas pada artikel edisi kali ini.

 

Kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran mungkin sudah diprediksi jauh hari oleh para ibu rumah tangga, namun hal itu tetap akan membuat para ibu rumah tangga itu kelabakan, apalagi kenaikan harga bahan pokok itu tidak dibarengi dengan meningkatnya perekonomian mereka. Serba sulit memang, namun mau tidak mau para ibu rumah tangga itu tetap harus membelinya untuk menyambut bulan fitri yaitu Lebaran.

 

Ada beberapa cara untuk menyiasati kenaikan harga bahan pokok tersebut, cara menyiasatinya itu antara lain:

 

  • Kurangi Belanja

Cara menyiasati kenaikan harga bahan pokok yang pertama adalah dengan mengurangi belanja anda. Apapun yang berlebihan itu tidak baik, termasuk dengan belanjaan anda. Belilah bahan pokok itu secukupnya saja, jangan memaksakan diri untuk belanja semuanya.

 

  • Kreatif Dalam Menyediakan Menu

Pada momen lebaran seperti saat ini memang kurang pas jika tidak menyediakan makanan dengan menu utama daging, nah anda harus tepat dalam menyiasati hal tersebut. Anda dituntut untuk kreatif dalam mengolah menu makanan, misal saja jika biasanya anda memasak opor ayam menggunakan daging ayam kampung, nah anda bisa menggantinya dengan menggunakan daging ayam lehor. Atau yang biasanya anda menyiapkan banyak aneka menu dari bahan dasar daging, anda bisa menggantinya dengan lauk tempe, tahu, atau telor. Selain menu itu lebih hemat, juga bisa membuat menu masakan anda lebih bervariasi dan tidak monoton.

 

  • Menabung Jauh-Jauh Hari

Kebanyakan ibu rumah tangga itu akan pusing saat kenaikan harga bahan pokok itu naik karena mereka tidak mempersiapkan diri jauh-jauh hari, padahal mereka sudah memprediksi akan kenaikan bahan pokok tadi. Untuk menyiasati hal tersebut, sebaiknya anda menabung dan mengumpulkan duit untuk menyambut lebaran seperti saat ini.

 

  • Belanja Di pasar Tradisional

Cara menyiasati kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran yang terakhir adalah dengan membeli bahan pangan di pasar tradisional, selain harganya lebih murah dibanding pasar modern, di pasar tradisional barangnya kebanyakan lebih fres dan segar.

 

Itulah cara menyiasati kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran seperti situasi sekarang. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan selamat mencoba!!!

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*