Cara Menyimpan Rempah dan Bumbu Selain Di Kulkas

Bersyukurlah menjadi warga negara Indonesia selain mempunyai keindahan alam juga menyediakan tanah yang subur dan kekayaan rempah-rempah. Di mana rempah-rempah banyak peminatnya baik masyarakat Indonesia itu sendiri maupun luar negri. Rempah-rempah banyak di gunakan di dalam dunia dapur salah satunya untuk membuat masakan menjadi lezat dan nikmat.

Masakan dan rempah-rempah merupakan 2 hal yang tidak bisa di pisahkan karena masakan yang menggunakan rempah-rempah bisa menggugah selera kita, selain itu rempah-rempah juga bermanfaat di dunia kesehatan.

Rempah-rempah akan tahan lama jika penyimpananya tepat, sebaliknya jika penyimpanan kurang tepat akan cepat membusuk. Berikut cara agar rempah-rempah bisa tahan lama:

  1. Perhatikan saat membeli. Sebaiknya waktu membeli rempah-rempah beli yang masih dalam keadaan utuh dan segar. Â Simpan di dalam wadah yang kering, jauhkan dari tempat lembab.
  2. Belilah rempah-rempah dalam skala kecil, jika terpaksa beli dalam jumlah besar karena berbagai alasan dan takut cepat layu simpanlah dalam kulkas.
  3. Hindari membeli rempah-rempah dalam keadaan yang sudah di haluskan, karena Cuma bertahan beberapa hari dan rasa sedikit berkurang. Ini di karenakan penjual mengurangi dari jenis rempah tertentu jika rempah-rempah mengalami kelonjakan harga.
  4. Rempah-rempah yang memiliki cita rasa tinggi ialah rempah-rempah segar yang di haluskan sendiri di rumah. jika merasa kerepotan, sebaiknya menghaluskan bumbu di waktu luang kemudian taruh dalam wadah yang kedap udara lalu simpan dalam freezer.
  5. Sediakan pot atau lahan sedikit untuk membuang rempah-rempah yang di beli dalam keadaan banyak dan utuh. Ini adalah cara menyimpan secara alami dan sedikit menghemat keuangan karena setiap kita mau membutuhkan kita tinggal ambil di lahan atau pot tersebut. Rempah-rempah yang di buang di tanah akan tumbuh yang dapat menjadi taman yang indah.

Itulah cara menyimpan rempah-rempah dapur agar tetap awet. Semoga bermanfaat.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*