Cara Merawat Ikan pada Akuarium Agar tidak Gampang Mati

Memiliki akuarium dengan ikan-ikan hias nan cantik akan membuat mata anda dimanjakan. Dengan memandang ikan hias tersebut maka pikiran anda akan menjadi fres dan stres akan sedikit berkurang. Namun terkadang karena kurangnya pengetahuan anda tentag merawat ikan hias di akuarium, akan membuat ikan cantik tersebut mati.

 

Cara merawat ikan di akuarium agar tidak gampang mati itu sebenarnya mudah saja, anda hanya perlu melakukan beberapa hal dibawah ini:

 

  • Tempatkan ikan berdasarkan jenisnya, agar tidak berkelahi saat dijadikan satu. Karena ikan hias juga bisa agresif (louhan,arwana, piranha, oscar), nah anda harus memisahkan jenis ikan diatas dan jangan mencampur dengan ikan lain. Selain ikan agrseif, ada juga ika non agresif atau ikan yang dapat dicampur dengan lainya (kecuali dengan ikan agresif). Beberapa jenis ikan yang bisa dicampur dalam satu akuarium antara lain ikan koki, ikan mas, ikan platy, ikan komet, dll. Sebenarnya masih ada jenis ikan lagi yaitu ikan teritorial, yaitu ikan yang mempunyai daerah kekuasaan. Jangan campur ikan agresif dengan ikan teritorial, karena akan berbahaya bagi ikan anda. Boleh saja mencampur ikan teritorial dengan ikan non agresif asal akuarium anda cukup besar dan ada banyak karang.

 

  • Cara merawat ikan di akuarium agar tidak mudah mati selanjutnya adalah dengan mengetahui habitat asli ikan itu berasal. Jika habitat ika adalah pada air deras, maka filter yang menyemburkan air harus ditaruh di auarium tanpa pembatas. Namun ada beberapa jenis ikan yang habitat aslinya adalah air tenang, maka beri sekat semburan air pada filter agar semburan tidak mengganggu ikan.

 

  • Ketepatan pemasangan cahaya juga harus pas, karena ada ikan yang suka dengan cahaya terang, namun tidak sedikit juga ikan yang lebih suka suasana gelap.

 

  • Agar ikan dalam akuarium tidak gampang mati selanjutnya adalah dengan memberi makanan yang tepat sesuai jenis ikan. Makanan ikan terbagi menjadi 3 kelompok (carnivora, herbivora, dan omnivora). Anda harus tahu makanan yang cocok dan sesuai dengan ikan yang anda pelihara.

 

  • Ganti air akuaraium minimal sebulan sekali jika ukuran akuarium kecil. Namun jika akuaraium yang anda miliki berukuran besar, maka anda bisa mengganti airnya dua atau tiga bulan sekali. Kebersihan air pada akuarium dapat menyebabkan ika sehat dan tidak mudah mati.

 

  • Bersihkan filter maksimal seminggu sekali, karena filter yang kotor akan menghambat laju semburan air, selain itu juga dapat membuat kotoran pada akuarium tidak terserap dengan sempurna.

 

 

Itulah cara merawat ikan pada akuarium agar tidak mudah mati, semoga bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba!!!

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*