Cara Merawat Pakaian Yang Benar

Pakaian di dalam kehidupan merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan. Pakaian merupakan kebutuhan pokok bagi manusia untuk melindungi diri dari panas, dingin maupun dari gigitan serangga. Tetapi di zaman modern pakaian atau fashion sangat digunakan sebagai kebutuhan gaya hidup. Pakaian merupakan kebutuhan hidup yang tergolong istimewa, hal ini dikarenakan tidak cepat kadaluwarsa dan tahan lama. Tetapi jika merawatnya salah pakaian akan cepat rusak.

Berikut cara merawat pakaian yang benar dan mudah:

  • Cara mencuci yang benar sangat mempengaruhi tingkat kualitas baju. Di mana cara mencuci yang benar ialah jangan sering meyikat dengan sikat cucian, pisahkan dengan baju berwarna gelap, jangan direndam terlalu lama. Pisahkan juga jenis pakain yang berbahan rajut dan pakaian yang luntur. Sebaiknya perhatikan label perawatan pada baju.
  • Untuk pakaian yang terkena noda membandel sebaiknya gunakan pemutih/penghilang noda yang ramah lingkungan. Ini dimaksudkan agar bahan pakaian tidak mudak rusak dan warna pakaian tidak pudar.
  • Untuk pakaian yang terlanjur kena noda lunturan baju lain bisa diatasi dengan langkah berikut: Didihkan air lalu ambil baju yang kena noda lunturan terus celup-celupkan ke dalam air yang sedang di rebus sampai noda benar- benar hilang.
  • Pakaian yang telah dicuci sebaiknya jangan dijemur di bawah sinar matahari. Hal ini akan mempengaruhi pakaian cepat pudar dan bahkan jika pakaian berwarna dijemur di bawah sinar matahari akan belang-belang. Menjemur yang baik ialah dengan cara di angin-anginkan.
  • Saat menyetrika pakaian berbahan tipis sebaiknya pisahkan dengan pakaian yang berbahan tebal seperti jeans. Ini dimaksudkan untuk menghindari jika kita lupa untuk mengecilkan panas setrika setelah menyetrika pakaian berbahan tebal karena pakaian berbahan tebal menggunakan panas setrika tinggi sedangkan pakaian berbahan tipis menggunakan panas setrika kecil atau sedang.
  • Gunakan pakaian di waktu yang tepat dan jika tidur gunakan pakaian khusus. Asal kita tahu pakaian yang sering untuk tidur akan cepat rusak.
  • Simpan pakaian di dalam almari yang tertutup rapat untuk menghindari pakaian dari datangnya hewan-hewan liar seperti tikus dan kecoa.

Itulah cara-cara merawat pakaian yang benar dan mudah. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*