Cara Meyelesaikan Perselisihan dan Salah Paham

Perselisihan dan salah paham sering sekali terjadi antar manusia, hal ini wajar karena setiap orang memiliki karakter dan sifat yang berbeda dan beraneka ragam. Namun hal itu sebaiknya jangan dibiarkan agar tidak berlarut dan berkepanjangan. Apapun masalah yang membuat perselisihan itu harus segera dihentikan. Lalu bagaimana caranya? Berikut cara mengatasi perselisihan dan kesalahpahaman:

 

  • Bicarakan

Kebanyakan orang yang tidak gaptek, dan mempunyai akun medsos seperti FB dan BBM, malah akan membuat status di medsos tersebut untuk mengungkapkan kemarahaya. Itu cara salah karena justru akan memperkeruh suasana dan tidak menyelesaikan masalah. Cara terbaik adalah dengan bicara berdua dari hati ke hati, dan bicarakan apa yang menjadi inti dari permasalahan yang ada. Namun perlu di ingat, utamakan hati dingin agar tidak terjadi perselisihan lanjutan.

 

  • Minta Maaf dan Memaafkan

Sebenarnya simpel untuk meredam perselisihan itu, yaitu jika salah maka mintalah maaf dan jika dia mengaku salah dan sudah meminta maaf, maka maafkanlah. Itu hal yang sangat indah tentunya. Namun dalam kenyataanya tidak semudah itu, karena kebanyakan orang yang sedang berselisih paham akan memegang erat pendirianya dan beranggapan bahwa dia yang paling benar. Jangan seperti anak kecil yang maunya menang sendiri, ada baiknya mengakui kesalahan yang terjadi.

 

  • Jangan Sampai Orang Lain Tahu

Sebaiknya permasalahan yang terjadi itu cukup anda dan dia yang tahu, agar tidak merembet kemana mana. Biasanya jika mendengar teman atau kerabatnya mempunyai masalah dengan orang lain, maka malah akan memperkeruh suasana dan mereka tidak terima atas kejadian tersebut. Akan lebih baik jika masalah itu diselesaikan kalian berdua yang mempunyai masalah tersebut. Jangan dengan emosi tentunya, redam emosi dan ego masing-masing.

 

  • Ambil Pelajaran

Dalam setiap kejadian pasti ada hikmahnya, maka ambil pelajaran dan hikmah dari kejadian tersebut. Pelajaran yang dapat diambil adalah agar kalian lebih berhati-hati dalam bertindak tanduk supaya tidak menyinggung perasaan orang lain.

 

Hargailah orang lain, maka anda akan dihargai juga. Jangan bertutur yang bisa melukai perasaan dan hati orang lain. Itulah cara menangani perselisihan agar bisa menjalin hubungan baik kembali. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*