Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi

Ungkapan yang menyatakan lebih baik mencegah daripada mengobati berlaku untuk segala penyakit. Hal itu untuk mengantisipasi sebelum penyakit itu menyerang anda, salah satunya adalah sakit gigi. Sebuah lirik lagu yang menyatakan lebih baik sakit gigi daripada sakit hati tidak selamanya dapat dibenarkan, karena jika seseorang mengalami sakit gigi seluruh tubuh akan mengalami sakit juga.

Menjaga kesehatan gigi bukan sesuatu yang sulit dilakukan, anda hanya harus rajin dan rutin dalam menjaganya. Lalu bagaimana cara menjaga gigi agar tetap sehat itu? dibawah ini adalah caranya:

  • Gosok gigi dua kali dalam sehari secara rutin, menggunakan pasta gigi yang baik. Bila perlu berkumur dengan cairan yang dijual di apotik atau toko. Berkumur berguna untuk menghilangkan bakteri disela gigi yang tidak dapat dijangkau dengan sikat gigi. Selain itu, manfaat berkumur lainya adalah agar gigi tidak muncul plak yang dapat menyebabkan gigi tidak sehat.
  • Ganti sikat gigi secara teratur, maksimal 3 bulan sekali.
  • Pilih makan makanan yang tepat. Hal ini bertujuan untuk menjaga gigi terhindar dari timbulnya lobang pada gigi, biasanya gigi berlobang akibat dari mengkonsumsi makanan manis. Makan makanan manisboleh saja,namun setelahnya harus segera dibersihkan dengan cara berkumur atau bila perlu dengan menyikat gigi.
  • Periksakan gigi anda ke dokter gigi secara rutin, hal ini bertujuan untuk membersihkan gigi dan mengecek apakah ada gigi yang berlobang.

Sakit gigi dianggap penyakit yang sepele oleh sebagian orang, anggapan itu adalah sebuah hal yang keliru, karena sudah ada beberapa kasus orang terkena sakit gigi yang sampai parah bahkan harus dioperasi. Nah, anda masih yakin mengatakan lebih baik sakit gigi daripada sakit hati?

Itulah cara sederhana menjaga gigi agar gigi tetap sehat, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*