Cara Tepat Menyalurkan Bakat Anak

Setiap anak pasti mempunyai bakat di bidangnya masing-masing, dan mungkin hal itu luput dari perhatian orang tua. Beraneka ragam bakat yang dimiliki oleh setiap anak, dan jika bakat itu dapat tersalurkan dengan baik, maka bakat yang dimiliki oleh anak tersebut dapat semakin terasah sehingga kemungkinan besar bakat tersebut dapat menghasilkan sesuatu yang berguna. Orang tua harus peka untuk mengetahui bakat apa yang dimiliki anaknya, dan jika sudah mengetahui bakat apa yang dimiliki oleh anak, salurkanlah agar bakat tersebut tidak sia-sia. Lalu bagaimana cara orang tua menyalurkan bakat anaknya tersebut? Berikut adalah langkah tepatnya:

 

  • Salurkan Sesuai Bidangnya

Jika anak anda memiliki bakat menari, masukkan anak anda kedalam sanggar seni, atau jika bakat anak anda adalah menyanyi, masukkan anak anda ke tempat les menyanyi, dll. Dengan menyalurkan bakat sesuai dengan bidangnya, maka bakat yang dimiliki akan semakin terasah dengan baik.

 

  • Jangan Melarang Bakat Anak

Langkah menyalurkan bakat anak yang selanjutnya jangan melarang atau menghalangi bakat yang dimiliki anak. Anak tidak bisa dipaksa untuk menyukai sesuatu yang anda sukai, karena bakat dan hobi orang tua belum tentu sama dengan hobi juga bakat anaknya. Untuk itu biarlah anak berkreasi dengan bakatnya masing-masing.

 

  • Kasih Pengertian Terhadap Anak

Orang tua harus mengetahui bakat yang dimiliki anak, agar orang tua bisa memberi pembelajaran dan pengertian tentang bakat yang dimiliki anaknya. Di dalam hal ini anda juga harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang bakat yang dipunyai anaknya.  Misal anak memiliki bakat menyanyi, maka orang tua juga harus memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang dasar-dasar bernyanyi, dll.

 

  • Fasilitasi Bakat Anak

Cara menyalurkan bakat dan hobi anak yang terakhir adalah dengan memfasilitasi bakat anak tersebut. Misal anak memiliki bakat menggambar, belikan kertas dan peralatan melukis atau menggambar. Dengan begitu anak semakin terbiasa untuk mengasah bakatnya.

 

Itulah cara tepat menyalurkan bakat anak, semoga artikel singkat tersebut bermanfaat bagi anda semua. Dorong bakat anak, dan jangan menghalangi bakat anak. Biarkan anak berkreasi dengan bakatnya.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*