Cegah Diare Anak Dengan Makanan

Diare berasal dari bahasa Inggris diarrhea, adalah sebuah penyakit di saat yinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Diare bisa menjadi penyakit biasa dan tidak berahaya, namun jika hal itu dibiarkan maka akan menjadi penyakit yang berbahaya (terutama pada anak dibawah usia 1 tahun). Maka dari itu, sebaiknya anda perlu waspada agar anak da anggota keluarga tidak sampai mengalami penyakit tersebut.

Penyakit diare ini dapat dicegah melalui berbagai hal, diantaranya:

  • Memperbaiki sanitasi lingkungan
  • Tersedianya air bersih. Jika ingin lebih aman, sebaiknya konsumsi air mineral.
  • Jaga kebersihan alat makan bayi.
  • Usahakan selalu menjaga kebersihan tangan.

Keseimbangan air dalam tubuh buah hati anda  juga perlu dijaga, karena jika keseimbangan air dalam tubuh tidak smepurna, maka pertahanan tubuh tidak dapat bekerja secara optimal. Dengan demikian, tubuh perlu mengkonsumsi berbagai mineral dan vitamin yang banyak. Mineral dan vitamin yang banyak itu terdapat pada buah dan sayuran.

Berbagai mineral sangat berperan dalam memperthankan keseimbangan air dalam tubuh, misalnya saja potassium, bekerja sama dengan fosfor, khlor, magnesium, zat besi, flour serta silicon. Berbagai mineral tersebut secara serentak bekerjasama dalam mempertahankan keseimbangan air dalamtubuh sehingga memiliki kekuatan untuk membinasakan cacing, bakteri, serta virus yang masuk ke dalam tubuh.

Sediakan makanan yang lengkap akan kandungan nutrisi, hal itu penting bagi putra anda. Berikut adalah makanan yang baik disiapkan untuk anak anda agar terbebas dari penyakit diare:

  • Menu Pagi:
    Sup kental kentang dan daging giling, ditambah dengan menyediakan susu.
  • Pukul 10.00:
    Kacang hijau  halus, dan jus apel.
  • Menu Siang:
    Puding asin, havermut isi ayam, sup sayur halus, pisang.
  • Pukul 16.00:
    Susu
  • Malam:
    Mie skotel atau maraconi skotel, sup halus kacang merah, pepaya.

Itulah menu makanan yang bisa anda sajikan guna mencegah penyakit diare pada anak. Jangan sampai anda menyesal karena anak mengalami diare, lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*