Diet Yang Benar Tak Harus Menghindari Karbohidrat

Karbohidrat adalah nutrisi yang merupakan sumber utama energi dari nutrisi makro yang utama selain lemak dan protein yang harus ada dalam pola gizi seimbang untuk menentukan kesehatan tubuh kita. Karbohidrat tak hanya di beras dan jagung melainkan ada juga di singkong, kentang, ubi jalar, gandum dan juga dari biji-bijian dan buah buahan dan lain sebagainya. Selain dari pangan nabati karbohidrat juga terdapat dalam bahan hewani seperti susu. karbohidrat ada dua jenis yaitu kompleks dan sederhana.

Karbohidrat sederhana adalah gula yang terdapat dalam buah (dalam bentuk sukrosa dan fruktosa) serta susu dalam bentuk laktosa. Sedangkan karbohidrat kompleks meliputi biji-bijian utuh (beras, jagung, gandum dan lain jenisnya). Karbohidrat kompleks saat berada di saluran cerna di pecah menjadi karbohidrat sederhana (sukrosa) yang dipecah lebih kecil menjadi glukosa. Glukosa inilah yang di manfaatkan tubuh menjadi sumber energi. karena setiap hari kita membutuhkan energi , otomatis setiap hari kitapun membutuhkan karbohidrat.

Karbohidrat yang kita konsumsi melebihi kebutuhan harian, sisa karbohidrat yang tidak di bakar menjadi energi itu akan ditimbun oleh tubuh di dalam sel hati dan sel-sel otot dalam bentuk glikogen. Dan akan digunakan apabila tubuh membutuhkan energi yang besar namun asupan karbohidrat sedikit, cadangan glikogen akan dibongkar untuk diubah menjadi glukosa yang selanjutnya akan dibakar menjadi energi.

Karbohidrat yang harus kita konsumsi untuk memenuhi sumber energi sebesar 45-65% dari total kalori harian. Karbohidrat bukan penyebab dari kegemukan, karena penyebab kegemukan bukanlah dari karbohidratnya melainkan jumlahnya. Selain karbohidrat lemak dan protein jika dikonsumsi terlalu banyak bisa juga menjadi penyebab kegemukan.

Karena karbohidrat yang kita makan terlalu banyak sisanya ditimbun menjadi lemak. Oleh sebab itu walaupun kita tidak makan lemak, kita bisa saja mengalami kegemukan karena karbohidrat bisa diubah menjadi lemak. Begitu juga lemak bisa diubah menjadi karbohidrat. Dalam diet gizi seimbang komposisi yang dianjurkan adalah karbohidrat (45-65%), protein (10-15%), serta lemak (kurang dari 25%).

Komposisi Karbohidrat paling tinggi diantara lemak dan protein. Karbohidrat yang dianjurkan adalah karbohidrat kompleks yang rendah energi, banyak mengandung serat, dan rendah gula, seperti biji-bijian utuh. Tetapi dalam diet rendah komposisi karbohidrat diubah menjadi paling kecil dibanding lemak dan protein.

Ini cara memanipulasi metabolisme normal tubuh karna menyebabkan tubuh kekurangan karbohidrat sehingga banyak menggunakan lemak sebagai sumber energi.efek ini yang di harapkan bisa menurunkan berat badan karena terbiasa memecah masa lemak, terutama dibagian-bagian yang menjadikan tubuh gendut. Alangkah baiknya melakukan diet rendah di bawah pengawasan dokter.

Itulah sedikit pengetahuan tentang diet yang benar, semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*