Hal Mendasar Yang Sering Diabaikan Dalam Menjaga Keutuhan Rumah Tangga

Menjaga hubungan rumah tangga agar tetap utuh itu perlu keseriusan anda dan pasangan untuk menjaga komitmen bersama. Komitmen dalam rumah tangga yang saya maksud adalah bersama membangun mahligai rumah tangga dalam suka maupun duka sampai maut memisahkan. Hal yang mendasar namun sering diabaikan dalam sebuah rumah tangga akan mengakibatkan hubungan itu rentan retak bahkan menjadi penyebab awal kehancuran rumah tangga. Hal mendasar itu antara lain:

 

  • PERCAYA

Cemburu tanda sayang dan cinta itu memang benar, namun jika cemburu itu sudah membabi buta justru akan menghancurkan rumah tangga itu sendiri. Untuk itu dibutuhkan saling percaya dan yang lebih penting lagi menjaga kepercayaan yang diberikan oleh pasangan anda.

 

  • Komunikasi

Hal mendasar yang sering diabaikan dalam hubungan rumah tangga selanjutnya adalah komunikasi. Ini penting, karena dalam hubungan rumah tangga komunikasi itu wajib hukumnya. Komunikasikan segala hal yang anda alami, dan ajak pasangan anda untuk menceritakan yang dia alami. Bukan hanya pas dirumah saja, melainkan saat anda harus bekerja, maka sebisa mungkin luangkan waktu untuk sekedar bertanya atau mengingatkan hal apapun.

 

  • Romantisme

Romantis tidak harus menyiapkan kejutan dengan barang mewah atau menyiapkan bunga dan lilin dalam meja makan, namun hal kecil yang sudah mewujudkan romantisme itu ada banyak. Misal saat anda memakan masakan istri, anda memjui masakan tersebut, atau saat anda diberi sesuatu dan anda menampakkan rasa senang, itu semua merupakan romantisme dalam rumah tangga. Dan hal itu akan membuat anda dan pasangan anda menjadi tambah sayang dan cinta.

 

  • Menjalankan Peran Masing-Masing

Anda dan pasangan anda harus tahu apa peran yang harus anda jalankan, dan anda harus menjalankan peran anda sebaik mungkin. Hal ini akan membuat rumah tangga menjadi seimbang, yaitu saling mengisi dan saling menutupi satu sama lain.

 

  • Saling Memuji

Hal mendasar yang sering diabaikan dalam menjaga keutuhan rumah tangga selanjutnya adalah saling memuji satu sama lain. Pujian akan membuat pasangan anda merasa senang, misal memuji masakanya yang enak, dll. Anda pasti juga akan senang bukan saat dipuji oleh pasangan?

 

  • Jujur

Bukan hanya dalam rumah tangga, kejujuran adalah dasar jika anda melakukan apapun. Saat rumah tangga tidak lagi saling jujur, maka itu merupakan rumah tangga yang sudah tidak sehat. Jujur dalam hal apapun dan tentang apapun terhadap pasangan akan menjadikan rumah tangga anda menjadi tentram dan tidak ada perasaan berdosa.

 

  • Sabar

Yang terakhir adalah sabar. Setiap rumah tangga akan terjadi perselisihan dan kesalahpahaman, maka diperlukan kesabaran dalam menjalaninya. Selesaikan setiap permasalahan dengan kepala dingin, jangan dengan emosi.

 

Itulah beberapa hal mendasar yang sering diabaikan dalam upaya menjaga keutuhan rumah tangga. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda semua, dan semoga rumah tangga anda berjalan dengan baik sampai maut yang memisahkan.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*