Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menjalankan Usaha Jual Beli Sepeda Motor Bekas, Untuk Pemula

Usaha jual beli sepeda motor bekas atau second sekarang ini tumbuh bak jamur dimusim penghujan, hal itu tidak lepas dari untung yang menggiurkan. Usaha ini tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun tidak perlu atau tidak harus memiliki tempat khusus (sowroom). Anda bisa menjalankan usaha tersebut dengan cara online, karena cara tersebut terbukti ampuh untuk memasarkan produk jual beli (termasuk motor). Namun sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa saja yang harus diperhatikan saat berniat menjalankan usaha jual beli sepeda motor bekas tersebut.

 

Pada artikel kali ini, akan saya berikan tips bagi pemula yang ingin menjalankan usaha jual beli sepeda motor bekas. Tips tersebut antara lain:

 

  • Pengetahuan Tentang Sepeda Motor Harus Anda Kuasai

Hal pertama yang meski anda perhatikan saat ingin menjalankan usaha jual beli sepeda motor adalah anda harus paham tentang seluk beluk sepeda motor. Pengetahuan tentang mesin motor yang masih bagus atau tidak, tentang harga spare part sepeda motor, dll. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari semua bagian sepeda motor tersebut, jika ada kerusakan salah satu onderdil maka anda bisa memperhitungkan berapa biaya yang harus anda keluarkan untuk pembelian onderdil tersebut. Itu untuk hitung-hitungan anda saat akan menawar sepeda motor yang akan anda jadikan barang dagangan.

 

  • Update Harga Sepeda Motor Second Secara Terus Menerus

Jangan sampai anda membeli sepeda motor diatas harga pasaran, jelas ini merugikan. Untuk itu anda harus selalu update tentang harga motor bekas secara terus menerus agar anda bisa mencari barang dagangan yang harganya dibawah harga pasar, sehingga saat anda menjual kembali sesuai harga pasar, maka anda akan mendapatkan keuntungan.

 

  • Pengetahuan Soal Surat Kendaraan

Hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha jual beli sepeda motor bekas selanjutnya adalah anda harus paham betul tentang surat-surat kendaraan. Apakah BPKBnya ada atau tidak, STNK ada atau tidak, apakah antara BPKB, STNK dan nomor rangka dan mesin sama atau tidak, dll. Ini penting, karena banyaknya kasus kendaraan bermotor dengan surat yang dipalsukan. Anda juga harus tahu tentang pembayaran pajak kendaraan, hal ini untuk mengantisipasi jika kendaraan yang akan anda beli tersebut pajaknya mengalami keterlambatan, jadi anda tahu berapa jumlah yang harus anda bayarkan.

 

  • Mempunyai Jiwa Dagang

Jiwa dagang adalah jiwa dimana anda harus memperhitungkan segala hal agar mendapatkan keuntungan maksimal. Jiwa dagang itu wajib anda miliki jika anda ingin menjalankan usaha jual beli sepeda motor bekas tersebut, karena jika tidak maka hasilnya tidakakan maksimal.

 

  • Promosi Usaha Yang Tepat

Setiap usaha atau bisnis tidak lepas dari yang namanya promosi, karena pembeli akan mengetahui usaha anda jika anda menjalankan promosi dengan baik. Apalagi jika usaha jual beli motor bekas yang anda kelola tidak memiliki tempat usaha, sehingga hanya promosi yang bisa anda jadikan ujung tombak usaha anda. Promoskan lewat kolega dan teman secara langsung, atau bisa juga promosi lewat dunia maya (fb, instagram, BBM, dll), bisa juga lewat situs jual beli online.

 

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha jual beli sepeda motor bekas, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda semua. Semoga usaha anda berjalan sesuai dengan harapan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*