Hidup Sehat Tak Hanya dari Makanan

Kesehatan tubuh adalah sebuah sistem yang kompleks. Faktornya tak hanya dari makanan tapi juga dari faktor-faktor lain. Makan sehat saja kurang bermakna jika tidak diimbangi dengan pola hidup lain yang sehat, seperti berolahraga, kekhawatiran terhadap sesuatu. Misalnya: khawatir terhadap lemak, kolesterol, karbohidrat, dan sebagainya yang sampai menjadi obsesi.

Sebagian kecil orang benar-benar mengalami kondisi seperti ini. Dalam istilah medis di sebut ortoneksia yaitu kekhawatiran yang berlebihan terhadap yang disebut sebagai makanan tidak sehat. Akibatnya seseorang dihantui kecemasan tiap kali mengkonsumsi makananan yang dianggap “ makanan jahat “ seperti : makan daging takut kolesterol, makan/minum susu takut lemak, minum jus buah takut gula, makan nasi takut karbohidrat, makan buah segar/sayur takut pestisida, makan makanan olahan takut zat pewarna, pengawet dan formalin.

Kita memang dianjurkan untuk memperhitungkan jenis dan jumlah makanan atau minuman apapun yang kita konsumsi. Namun kekhawatiran yang berlebihan justru bisa menimbulkan masalah kesehatan yang tidak kalah buruknya daripada masalah kolesterol.

Sebenarnya syarat makan yang sehat itu sederhana hanya menerapkan pola makan sesuai pedoman gizi seimbang dan perhitungkan semua makanan yang kita konsumsi. Tetapi masyarakat modern cenderung mengkonsumsi makanan lebih banyak dari yang dibutuhkan secara tidak disadarinya. Itu sebabnya kini makin banyak kasus kegemukan, diabetes, dan masalah-masalah kesehatan lain akibat makanan.

Faktor lain selain makanan dalam progam hidup sehat seperti pola aktivitas dan olahraga, pola kerja, kesehatan lingkungan, pola istirahat dan sebagainya. Jika dalam beraktivitas sehari hari kita terlalu sering stres, keadaan ini menimbulkan hipertensi, sekalipun sehari sehari nya mengkonsumsi garam secara wajar.

Makanan berpengaruh terhadap kesehatan. Tetapi hidup sehat tak cuma dari makanan saja. Semoga paparan diatas bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*