Jambu Biji Merah Yang Kaya Manfaat

Jambu biji merah, tanaman yang bisa ditanam dipekarangan/ladang-ladang merupakan tanaman perdu yang bercabang banyak. Biasanya masyarakat menyukai yang berdaging lunak, tebal, rasanya manis, dan berbiji sedikit. Vitamin A dibanding jenis buah lainnya seperti jeruk manis. Kandungan vitamin C jambu biji 2x lipatnya. Vitamin C yang ada dalam jambu sangat baik sebagai zat antioksidan. Sebagian besar terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luarnya yang lunak dan tebal.

Jambu biji berwarna merah baiknya di konsumsi disaat buah menjelang matang karena disaat itu kandungan vitamin C nya lagi banyak-banyaknya.selain vitamin C buah ini juga kaya serat, khususnya pectin ( serat larut air ) yang dapat digunakan sebagai bahan pembuat gel atau jeli.

Di mana manfaat pectin lainnya adalah untuk menurunkan kolesterol yaitu mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh untuk membantu pengeluarannya. Selain itu juga dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah serta tekanan darah penderita hipertensi essensial.

Jambu biji mengurangi resiko penyakit jantung sampai 16 %, karena mengandung kalium yang berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan dan sel tubuh. Jambu biji yang diolah menjadi jus seringkali digunakan penderita penyakit demam berdarah untuk meningkatkan kadar trombosit.

Dalam jambu biji juga terdapat likopen yaitu zat non gizi potensial lain selain serat. Likopen adalah karatenoid ( pigmen penting dalam tanaman ) yang terdapat dalam darah, serta memiliki aktivitas anti oksidan. Jambu ini juga memberikan efek dapat memberikan perlindungan pada tubuh dari beberapa jenis kanker.

Manfaat lain dari seringnya mengkonsumsi buah jambu biji merah yaitu dapat memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, meningkatkan kesehatan gusi, gigi, dan pembuluh kapiler serta membantu penyerapan zat besi dan penyembuhan luka, disamping itu juga berfungsi sebagai anti radang, antidiare dan menghentikan pendarahan.

Jambu bisa dikonsumsi langsung tapi lebih nikmat jambu diolah menjadi jus. Karna dengan olahan jus, biji yang ada dalam buah dapat dengan mudah untuk dibuangnya. Itulah beberapa manfaat jambu biji merah. Semoga bisa menjadikan semangat untuk mengkonsumsinya.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*