Komunikasi Yang Baik Mempererat Hubungan Orang Tua Dan Anak

Komunikasi, dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang sangat penting untuk menyatakan kemauan, saran, atau petintah kepada orang lain atau orang yang berada di dekatnya. Entah itu kepada keluarga maupun kapada orang lain. Komunikasi yang benar akan menumbuhkan keakraban di antara kita namun sebaliknya jika komunikasi salah akan menimbulkan dampak yang buruk.

Komunikasi yang buruk atau kurang tepat tidak baik untuk hubungan antara orang tua dan anak. Ini sering terjadi di masyarakat kita karena kebanyakan orang tua kurang memahami akan komunikasi yang benar terhadap anaknya. Apalagi jika anak berusia kurang dari 12 tahun. Anak ini biasanya akan menuruti kemauannya sendiri dan tidak mau menuruti perintah orang tuanya. Jika komunikasi ini tidak segera dikoreksi hubungan orang tua dan anak makin memburuk. Komunikasi yang tidak disukai anak-anak biasanya komunikasi yang berupa perintah.

Tentunya sebagai orang tua akan merasa jengkel apabila perintah atau harapannya tidak mau dipatuhi anak-anaknya. Jalan satu- satunya ialah menjelaskan kepada anak mengapa pilihan itu dianggap kurang menyenangkan itu yang harus diambil, jelaskan pula akibat kalau mengabaikan pilihan itu, apa keuntungan buat anak, dan bernegosiasi jika anak merasa punya alasan tersendiri untuk tidak memenuhi harapan orang tua.

Penting bagi orang tua untuk meredam ego dan berusaha menjalin komunikasi yang tidak memaksa dan tidak menyakiti anak. Jika tidak situasi akan menjadi semakin sulit dan pertengkaran pun mungkin tidak dapat di hindarkan. Ketika anak merasa dirinya tidak didengarkan anak cenderung menjadi defensif dan mengambil sikap berseberangan dengan orang tuanya. Untuk seterusnya ia akan menjauh dan menutup diri. Kondisi seperti itu jauh lebih sulit diperbaiki ketimbang jika orang tua bersedia melakukan komunikasi sejajar dengan anak, mengesampingkan ego, dan menghargai apa yang disampaikan anak.

Nah, itulah dampak buruk yang terjadi jika komunikasi antara orang tua dan anak tidak baik. Perlu diingat bagi orang tua bahwa tujuan semula, yaitu memberikan yang terbaik bagi anak dan hal itu tidak akan tercapai jika orangtua malah menyakiti anak dengan komunikasi yang tidak benar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*