Kulit Perempuan Lebih Cepat Menua Dibanding Pria

Manusia akan tua dengan sendirinya, hal itu akan ditandai dengan perubahan kulit yang mengerut. Namun tahukah anda bahwa kulit seorang perempuan itu akan lebih cepat menua dibanding dengan kulitseorang pria.

Para periset Jerman yang melakukan studi menggunakan alat laser eksperimental untuk mengukur kerusakan kulit menemukan, kulit perempuan lebih cepat menua dibanding kulit seorang pria. Dengan alat tersebut, para periset mengukur kadar kolagen dan elastin dibawah permukaan kulit. kolagen dan elastin adalah protein yang bertanggung jawab atas elastisitas, kekencangan, dan tekstur kulit, yang kadarnya menurun sejalan dengan pertambahan umur.

Alat laser ini suatu hari dapat membantu konsumen menilai secara lebih baik apakah suatu produk entipenuaan kulit itu efektif  atau tidak. Sebagian kosmetik diduga dapat mengubah kandungan kolagen kulit, tapi sampai saat ini, untuk mengukurnya, harus dengan memotong kulit.

Sehubungan dengan itu,  para ahli lalu mencari cara pengukuran noninvasif untuk menilai kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan penuaan. Para periset menggunakan teknik yang disebut Multiphoton laser imaging, pada bagian dalamlengan bawah dari 7 perempuan dan 11 pria, berumur antara 21 sampai 84 tahun.

Para periset menggunakan informasi yang dihimpun dari imagin ini untuk mengembangkan indeks penuaan dermis, lapisan dalam kulit. Penuaan tampak lebih kentara pada perempuan dibanding pria yang berumur sama. Tanda yang paling kentara tampak pada perempuan yang sudah melewati  menopause.  Para periset menduga, yang membuat kulit perempuan cepat menua adalah turunya hormon seks estrogen dan progesterone.  Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kulitperempuan lebih cepat menua dibanding pria. Hasil studi diterbitkan dalam jurnal Optics Letters edisi 1 oktober.

Itulah paparan tentang riset  yang mengatakan bahwa kulit perempuan lebih cepat menua dibanding seorang pria. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*