Macam-Macam Bahan Makanan Yang Berkhasiat Super

Menyantap makanan yang berwarna memang bisa menambah nafsu makan, terutama bahan makanan yang berwarna hijau. Tetapi banyak juga yang menghindarinya dengan alasan tertentu seperti tidak mau karena rasanya pahit, tidak suka, tidak enak dan lain sebagainya. Padahal dari menyantap makanan berwarna hijau kita dapat mengambil manfaat yang besar. Berikut macam-macam bahan makanan berwarna hijau yang kaya manfaat tersebut:

  1. Pare 

    Karena rasanya yang pahit banyak orang menhindari mengkonsumsi bahan makanan jenis ini. Buah pare mengandung kalori, lemak, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B DAN C. Selain kandungan di atas buah pare juga mengandung albiminoid dan zat warna. Buah pare yang masih muda dapat di gunakan sebagai obat dibetes, gangguan encernaan, obat malaria, penyakit kuning dan bronkhitis. Manfaat buah pare tidak hanya sampai di situ, manfaat lainnya yakni Buah pare bisa menghambat virus HIV. Cara mengkonsumsi pare di tumis atau bisa di buat ramuan dengan cara di haluskan, lalu di ambil ekstrak perasan buahnya. Perasan buah ini di minum.

  1. Pir hijau 

    Alternatif lain untuk anak-anak yang tidak menyukai sayur dapat di ganti dengan memberinya pir hijau. Buah ini mempunyai kandungan gzi di antaranya vitamin C, kalium, magnesium, dan pektin. Pir hijau juga mengandung serat dengan kadar 2,3 gram per 100 gram bahan. Pir hijau mempunyai manfaat dapat di gunakan untuk meredakan panas dalam, membantu proses pencernaan, meredakan batuk dan melancarkan saluran pencernaa.

  1. Teh hijau 

    Sudah di ketahui kalau teh hijau sarat akan antioksidan yang bisa mencegah penyakit degeneratif seerti diabetes, obesitas, dan jantung. Selain itu teh hijau juga terbukti berdampak positif untuk menangani pertumbuhan kanker prostat dan payudara. Cara mengonsumsi teh hijau biasa di gunakan sebagai minuman hangat atau dingin.

  1. Buncis 

    Tidak perlu dalam porsi banyak untuk mencukupi kebutuhan vitamin pada tubuh kita. Cukup menyantap 10 batang buncis 15% nya sudah bisa mencukupi angka vitamin dalam setiap harinya. Cara mengkonsumsi buncis bisa di tumis, di rebus untuk campuran salad, atau bisa juga di panggang bersama minyak zaitun.

  1. Avocado 

    Sudah banyak di ketahui jika avocado mempunyai manfaat untuk menanggulangi anemia, terapi kecantikan dan membantu regenerasi sel darah merah. Avokad hijau termasuk jenis buah yang banyak mengandung serat. Selain itu avokad hijau juga mengandung protein, vitamin A, kalium, kalsium dan magnesium. Cara mengkonsumsi avokad biasa di gunakan sebagai jus yang di campur sedikit susu untuk mengurangi rasa yang sedikit pahit .

  1. Kiwi 

    Kiwi mengandung vitamin C lebih banyak di banding jeruk manis. Kiwi bisa menjadi sahabat bagi orang yang mempunyai masalah penglihatan karena kiwi mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang bisa melindungi mata. Mengkonsumsi 3buah kwi setiap hari bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

  1. Brokoli 

    Brokoli termasuk salah satu sayuranyang mampu mencegah dan mengatasi kanker payudara. Brokoli terbukti memiliki efek anti kanker dan sumber yang kaya vitamin C. Cara mengkonsumsi brokoli bisa untuk campuran sup, gorengan, atau juga bisa di gunakan sebagai jus yang di campur dengan bahan lain.

Itulah jenis bahan makanan yang mempunyai manfaat yang tinggi buat tubuh kita. Mulai sekarang cintailah bahan makan yang berwarna hijau untuk tubuh dan untuk keluarga kita.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*