Macam-Macam Penyebab Kegemukan Yang Harus Dihindari

Kegemukan merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami oleh masyarakat modern. Obesitas terjadi karena penumpukan lemak dalam tubuh. Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kegemukan, antara lain :

  1. Pola makan dengan gizi tidak seimbang. Tanpa disadari masyarakat modern cenderung mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan. Setiap hari kalori yang berlebih akan ditimbun terus dan menjadi jaringan lemak. Selain lemak kelebihan karbohidrat juga sama buruknya dengan lemak.
  2. Inaktivitas seperti kemudahan hidup yang disediakan kehadiran teknologi modern seperti kendaraan bermotor, komputer, ponsel, internet, lift, mesin cuci dan remot control. Itu semua membuat kita kurang beraktifitas karena makin sedikitnya ruang gerak untuk fisik kita. Padahal asal kita tahu aktivitas fisik terutama jalan kaki merupakan salah fungsi alami tubuh yang bisa mencegah kegemukan. Sangat sulit sekali menghindari hadirnya teknologi modern. Namun agar hidup seimbang kita harus pintar-pintar memanfaatkan teknologi tersebut untuk memudahkan kita melakukan olahraga misalnya, treadmill, sepeda statis dan vidio senam aerobik.
  3. Kondisi kurang istirahat bisa menyebabkan kadar hormon ghrelin meningkat. Hormon yang tinggi akan mengakibatkan nafsu makan bertambah. Sebagian orang membutuhkan waktu istirahat sekitar 7-8 jam dalam sehari.
  4. Kehamilan menjadi salah satu sebab perempuan mengalami kegemukan. Tetapi kegemukan kali ini memang dituntut agar janin bisa berkembang dengan sehat. Setelah  melahirkan jika tubuh tidak mendapatkan perawatan khusus maka akan menjadi kegemukan menetap.
  5. Penyebab kegemukan yang tidak bisa diutak atik yakni faktor genetik. Orang yang sudah mempunyai bakat gemuk walaupun makan sedikit tetap saja tidak bisa kurus.
  6. Kebiasaan sejak dari kecil untuk makan banyak oleh orangtuanya bisa membawa kecenderungan saat dewasa mengalami kegemukan.

Jika berat badan sudah berlebih yang terfikir dibenak kebanyakan orang adalah bagaimana cara menurunkannya secara instan. Padahal asal kita tahu tidak ada cara instan yang aman untuk mengatasi kegemukan. Cara yang paling dianjurkan untuk mengurangi berat badan adalah kombinasi antara pola makan sehat dengan progam olahraga rutin. Walaupun tidak sampai turun ideal tetapi turun beberapa kilogram saja sudah dapat memberi manfaat kesehatan yang banyak sekali.

Semoga kita terhindar dari obesitas dan selalu sehat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*