Makanan Terbaik Dan Terburuk Bagi Kulit

Makanan yang kita konsumsi bisa menentukan kondisi kulit. Memang, genetika dan gaya hidup lainya ikut berperan, tapi makanan yang dimakan merupakan salah satu faktor penting yang membuat kulit halus, sehat dan tampak muda. Bahkan makanan tertentu dapat mengatasi masalah seputar kulit. Dan juga ada makanan yang dapat membantu mencegah penuaan dini pada sel kulit. Berikut beberapa makanan terbaik untuk kulit menurut para ahi:

  • Yogurt
    Yogurt merupakan produk susu yang mengandung vitamin A, salah satu faktor penting dalam hal kesehatan kulit. Jika anda pilih yogurt rendah lemak atau non fat, anda akan konsumsi banyak protein dan vitamin. Protein dan vitamin akan membantu menguatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Yogurt akan membuat kulit bersih dan cerah, hal ini diperoleh dari protein dan vitamin yang terkandung dalam yogurt.
  • Blueberry
    Makanan tersebut kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Antioksidan tersebut berfungsi menangkal radikal bebas yang disebabkan polusi dan radiasi sinar UV. Sehingga dapat disimpulkan bahwa blueberry tersebut dapat mencegah proses penuaan dini.
  • Bayam
    Bayam mengandung beta karoten, antioksidan yang dapat membantu perbaikan sel kulit dan memperlambat sel kanker pada kulit. Bayam juga kaya akan lutein, potassium, serat, dan folate, yang juga membatu perbaikan DNA yang memulihkan sel-sel kulit rusak akibat sinar matahari dan membantu mencegah kanker.
  • Almond
    Almond kaya akan vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal, lemak yang baik dan bisa menurunkan kolesterol dan menjaga membran sel kuat dan intact, yang sangat penting untuk menjaga kulit tetap muda.
  • Salmon
    Ikan salmon kaya akan asam lemak Omega-3 yang juga penting untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Asam lemak omega-3 yang antara lain ditemukan di dalamsalmon bertanggung jawab untuk kesehatan membran sel di dalam tubuh. Dinding sel yang kuat bisa mempertahankan lebih banyak air. Karena itu membuat kulit tampak lebih cerah, lebih kenyal dan lebih muda secara keseluruhan.

Di atas merupakan beberapa makanan terbaik bagi kulit, selain itu terdapat juga makanan yang terburuk bagi kulit, antara lain:

  • Roti Putih
    Setiap makanan glikemiks tinggi seperti pasta, roti putih, cake akhir-akhir ini dikaitkan dengan meningkatkan jerawat (menurut studi terkini di Australia). Pilih padi-padianĀ  utuh, roti gandum dan oat kaya akan antioksidan dan ditemukan berkhasiat anti inflamasi.
  • Garam
    Garam dapat membuat jaringan bengkak dan mengakibatkan wajah tampk sembab dan tidak sehat. Sehingga penggunaan garam baiknya dikurangi untuk mendapatkan kulit lebih cerah.
  • Permen
    Kebanyakan mengkonsumsi gula akan mengakibatkan kulit masam, merusak kolagen dan elastin, menyebabkan kulit kering, kerut dan kendur. Permen juga banyak yang berbahan dasar gula.

Itulah makanan terbaik dan terburuk bagi kulit. Semoga bermanfaat bagi anda, dan selamat mencoba!!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*