Makanan Yang Bisa Membahayakan Jika Dimakan Berlebihan

Memang beberapa makanan dibawah ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia, namun jika dikonsumsi secara berlebihan hal tersebut bisa sangat membahayakan. Lalu makanan apa saja itu? Berikut diantaranya:

 

  • Bayam

Jika dikonsumsi secara normal, bayam sangat bermanfaat bagi kesehatan, karena bayam mengandung protein, tinggi serat, mineral dan berbagai vitamin. Dan kandungan-kandungan tersebut memang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Namun jangan serta-merta anda mengonsumsi secara berlebihan, karena di dalam bayam juga terkandung oksalat, yaitu zat yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Untuk itu makanlah bayam secukupnya saja, apalagi bagi anda yang mempunyai masalah batu ginjal.

 

  • Hati

Makanan sehat yang bisa membahayakan jika dikonsumsi secara berlebihan selanjutnya adalah hati. Memang, hati merupakan bagian paling bergizi dari hewan, karena hati mengandung zat besi, B12, vitamin A, dan tembaga. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, hati hewan juga bisa membahayakan bagi kesehatan. Hal itu dikarenakan di dalam 100 gram hati sapi mengandung lebih 6 kali asupan vitamin A yang disarankan, dan 7 kali tembaga. Kebanyakan vitamin A dan tembaga dapat menyebabkan mual dan nyeri, juga bisa menyebabkan penyakit Alzheimer’s. Untuk itu konsumsi hati hewan maksimal seminggu sekali.

 

  • Kedelai

Kedelai juga merupakan salah satu makanan yang bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan, karena didalam kedelai terdapat senyawa esterogen, yang jika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit kanker rahim. Memang, kedelai memiliki manfaat bagi kesehatan manusia, karena kedelai jika dikonsumsi secara normal dapat mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah.

 

  • Tuna

Kandungan dalam tuna merupakan sumber Omega-3 dan protein yang tinggi. Namun tuna juga mengandung polutan lingkungan yang disebut Methylmercury. Methylmercury merupakan racun saraf yang menyebabkan banyak efek merugikan bagi kesehatan. Untuk itu, konsumsilah tuna secukupnya saja dan jangan berlebihan.

 

Itulah beberapa makanan sehat yang bisa membahayakan jika dikonsumsi secara berlebihan. Apapun yang kamu makan sebaiknya sewajarnya saja dan jangan berlebihan. Semoga artikel singkat tersebut bermanfaat bagi anda semua. Salam sehat untuk kita semua.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*